Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:55 WIB | Kamis, 14 September 2017

Jokowi Sebut Gedung Perpusnas Tertinggi di Dunia

Presiden Joko Widodo meresmikan gedung Perpustakaan Nasional yang memiliki 27 lantai merupakan tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan, Kamis (14/9). (Foto: Antarajatim.com/Joko Susilo)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo menyebut gedung Perpustakaan Nasional yang baru memiliki 27 lantai dan telah diresmikan ini merupakan tertinggi di dunia untuk kategori gedung perpustakaan yang ada.

"Perpustakaan Nasional ini dulunya hanya tiga lantai. Nggak ada yang mau datang ke sini, sekarang 27 lantai plus basement. Jadi nggak kaget kalau gedung Perpustakaan Nasional ini tertinggi di dunia, untuk gedung perpustakaannya," kata Presiden saat meresmikan Gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Merdeka Selatan Jakarta, Kamis (14/9).

Jokowi mengatakan kebanggaannya terhadap gedung ini karena sudah digagas oleh Presiden Soekarno sejak 65 tahun lalu, namun baru bisa dikerjakan pada saat ini dengan memakai bentuk dari hasil lomba sehingga mendapatkan sebuah desain yang sangat baik.

"Ini dikerjakan dua tahun enam bulan dan selesai dengan kondisi yang sangat baik, Alhamdulillah meskipun saya belum masuk, saya lihat luarnya saja, saya berkomentar sangat baik," kata Jokowi.

Presiden mengingatkan kepada Perpustakaan Nasional merupakan masa depan, artinya bagaimana meningkatkan minat baca kepada anak-anak saat ini adalah kepada generasi Y, generasi Z yang punya pola pikir dan perilaku jauh berbeda dengan generasi-genarasi sebelumnya.

"Mereka sekarang lebih senang baca tulisan atau baca berita di smartphone atau di tablet. Dan saya keliling ke kampus-kampus, saya tanya berapa banyak mereka yang masih baca koran cetak. Saya dapat memastikan sudah sangat berkurang sekali," katanya.

Presiden menyebut generasi sekang ini hanya menggunakan smartphone bisa baca berita apa pun, bisa lihat  live streaming (siaran langsung), bisa lihat video apa pun, sehingga informasi apa pun dalam waktu yang sangat cepat bisa mereka serap.

"Toleransi durasi membaca mereka juga semakin pendek, sekarang rata-rata kalau dalam tiga menit pertama tulisannya sudah tidak menarik, baca nggak menarik, langsung tidak mau baca sisanya, polanya seperti itu. Bahkan kalau judulnya saja sudah tidak menarik, langsung dilewatin. Kalau bukunya susah dicari pasti mereka juga tidak mau baca,” katanya.

Dengan perubahan yang ada saat ini, Presiden berharap sistem kecepatan pelayanan, menjadi sebuah hal yang sangat penting, karena generasi sekarang maunya serba cepat.

"Generasi Z sekarang mau apa-apa itu tinggal klik. Kita juga saya kira sama, pesan gado-gado klik, pasan sate kambing klik, setengah jam datang lewat  go food. mau beli barang juga tinggal klik, mau baca buku, baca artikel tinggal klik. Sudah serba digital dan digital itu sudah menjadi bagian itu mereka," katanya.

Presiden mengingatkan, sekarang ini memang sudah eranya terobosan digital dan Inovasi disruptif (inovasi yang membantu menciptakan pasar baru), ya sudah banyak terjadi di berbagai bidang, sehingga semuanya bergerak dan berkembang dengan cara tidak diduga serta inovasinya cepat sekali.

"Kalau kita tidak ikut berubah, tidak cepat melakukan revolusi digital, ya ditinggal. Saya senang sekali Perpusnas sudah mulai melakukan pengembangan serba digital, serba elektronik, tadi saya diberitahu, akan ada e-resources, e-book, e-journal dan macam e-lainnya," katanya. (Antarajatim.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home