Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 13:11 WIB | Kamis, 21 April 2022

Jokowi Terima Masukan Nelayan Soal Serifikat Tanah dan Kelangkaan Solar

Jokowi Terima Masukan Nelayan Soal Serifikat Tanah dan Kelangkaan Solar
Presiden Joko Widodo mengunjungi Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu, 20 April 2022. (Foto-foto:: BPMI Setpres/Laily Rache)
Jokowi Terima Masukan Nelayan Soal Serifikat Tanah dan Kelangkaan Solar
Jokowi mendapatkan sejumlah masukan ketika berdialog bersama para nelayan di Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

GRESIK, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mendapatkan sejumlah masukan ketika berdialog bersama para nelayan di Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, pada hari Rabu, 20 April 2022.

Jokowi mengunjungi Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, melihat langsung aktivitas dan hasil tangkapan para nelayan. “Tadi yang pertama saya menemui para nelayan untuk melihat lebih detail mengenai hasil hariannya berapa, kemudian ada kesulitan-kesulitan apa. Sama di sini kesulitan dalam mendapatkan solar. Meskipun ada, tetapi memang agak sulit, sehingga tadi sudah diselesaikan oleh Pak Menteri Erick, Pak Menteri KKP untuk dibuatkan SPBU kecil khusus untuk para nelayan yang dimiliki nanti, Pak Bupati tadi (sudah) sampaikan ke BUMD,” kata Jokowi.

Para nelayan juga menyampaikan soal pendangkalan di wilayah mereka. Presiden akan memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera menyelesaikannya.

Mereka juga menyampaikan aspirasi terkait sertifikat tanah yang dimiliki oleh nelayan yang berada di kampung sekitar pantai. Menurut Presiden, yang menjadi persoalan adalah karena tanah yang dimiliki para nelayan adalah tanah oloran yang tidak bisa disertifikatkan. Maka Jokowi langsung menelepon Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil.

“Tadi saya telepon langsung ke Menteri BPN, bisa, ini akan kita selesaikan. Itu saja tadi yang disampaikan dan kita selesaikan,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengunjungi Kampung Nelayan Bulak di Kecamatan Bulak, Kota Surabaya.  Para nelayan mengeluhkan bahwa mereka sulit mendapatkan sertifikat tanah atas tanah yang mereka telah tempati bertahun-tahun karena tanah tersebut merupakan tanah oloran.

 Tanah oloran adalah tanah yang muncul atau timbul di dekat pantai karena proses pengendapan lumpur atau sedimentasi yang dibawa oleh arus sungai.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home