Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:04 WIB | Kamis, 06 April 2023

Jokowi Tinjau Pasar di Jakarta, Cek Stok dan Harga Menjelang Lebaran

Diketahui beberapa komoditas mengalami penurunan harga menjelang Idul Fitri 2023.
Presiden Joko Widodo meninjau aktivitas perdagangan yang berlangsung di Pasar Rawamangun, Jakarta, pada Rabu, 5 April 2023. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo meninjau langsung harga dan ketersediaan sejumlah komoditas pangan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu, 5 April 2023, menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

“Ini kan mendekati Lebaran, saya dan Pak Menteri Perdagangan ingin mengecek yang pertama stoknya, kemudian yang kedua harganya,” kata Presiden dalam keterangannya kepada media usai peninjauan.

Presiden menyebut ketersediaan sejumlah komoditas pangan yang ada di Pasar Johar Baru saat ini masih terkendali. Sedangkan untuk harga, mayoritas komoditas pangan sudah mengalami penurunan harga.

“Telur turun, ayam turun, daging ayam turun, beras juga turun, kemudian bawang juga turun, yang naik hanya daging, naik sedikit,” ungkap Presiden.

Presiden mengapresiasi terjadinya penurunan harga sejumlah komoditas pangan. Hal tersebut sesuai dengan hasil pemantauan Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat terjadinya inflasi. “Ini bagus dalam posisi mau Lebaran tapi harga-harga turun. Itu yang saya lihat,” kata Presiden.

Presiden juga berharap penurunan harga sejumlah komoditas pangan dapat meningkatkan daya beli masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah. “Yang jelas harga banyak yang turun, yang bagus di situ, sehingga akan memperkuat daya beli rakyat karena harganya turun,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan ke Pasar Johar Baru adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma.

Sebelumnya Jokowi meninjau aktivitas perdagangan yang berlangsung di Pasar Rawamangun, Jakarta untuk mengecek harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di sana. Harga telur turun sekitar dua ribu rupiah.

“Kalau sekarang kan yang ke pasar ini berkurang jauh, jadi turun antara 40-50 persen dari sebelum pandemi. Sekarang dan sebelum pandemi sampe sekarang turun,” kata Yudi, seorang pedagang.

 Selain telur, Jokowi juga mengecek harga daging di pasaran. Menurut pedagang daging, Andi, harga daging saat ini cenderung normal.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home