Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:11 WIB | Selasa, 15 Juni 2021

Juli, Target Vaksinasi Satu Juta Per Hari

Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi COVID-19 bagi warga masyarakat umum dan difabel di Rusun Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, hari Senin (14/6). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Secara nasional, pemerintah menargetkan vaksinasi sebanyak 700.000 orang perhari dicapai pada bulan  Juni ini, dan sebanyak satu juta orang setiap hari dicapai pada bulan Juli mendatang.

Ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo untuk akselerasi vaksinasi, agar tercapai kekebalan kelompok, dalam rapat terbatas di Jakarta, hari Senin (14/6).

Presiden menugaskan TNI dan Polri untuk mendampingi program vaksinasi dengan pemerintah daerah. Target 600 ribu per hari akan melalui jalur pemerintah daerah, sedangkan 400 ribu per hari akan dilakukan melalui jalur sentral TNI dan Polri, katanya.

“Kami diminta untuk memastikan koordinasinya berjalan dengan baik dan juga suplai vaksinnya dilakukan dengan baik,” lanjutnya.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan pers bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan, selain akselerasi vaksinasi, penanganan COVID-19 ditekankan pada penerapan protokol kesehatan di lapangan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

“Karena memang banyak aturannya sudah baik untuk daerah merah, oranye, kuning, tapi implementasi di lapangannya yang perlu didisiplinkan,” kata Airlangga Hartarto.

Aktivitas yang berpotensi tinggi menimbulkan penularan virus seperti aktivitas mudik, pariwisata, hingga makan bersama di tempat umum, diminta untuk lebih diperhatikan. Menurut Menkes, ketiga aktivitas tersebut merupakan penyebab banyaknya klaster keluarga.

“Presiden meminta agar ketiga aktivitas di mana kesempatan untuk membuka maskernya tinggi ini benar-benar diperhatikan, dan sekali lagi, implementasi di lapangannya diperketat untuk kegiatan-kegiatan seperti liburan panjang, kegiatan-kegiatan pariwisata yang berkerumun, dan juga kegiatan-kegiatan makan bersama,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home