Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 20:03 WIB | Kamis, 03 Oktober 2013

Kampanye Perpajakan Melalui Film Kartun dan Buku Anak

Anika dari Seksi Dokumentasi dan Perpustakaan Direktorat Jenderal Pajak. (Foto Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Film kartun animasi dan buku anak-anak menghiasi rak-rak di stand Direktorat Jenderal Pajak di acara Jak Book Fiesta 2013 yang berlangsung di sebuah mall di kawasan Senayan Jakarta. Sedikit berbeda dengan gambaran umum orang tentang perpajakan selama ini.

 Anika mengatakan bahwa film kartun animasi dan buku anak-anak itu merupakan bagian dari kampanye perpajakan. Kampenye ini menggunakan pelbagai media, seperti film kartun animasi dan buku anak-anak. Anika yang menjaga stand Direktorat Jenderal Pajak di acara Jak Book Fiesta 2013 adalah pelaksana di Seksi Dokumentasi dan Perpustakaan Subyek Penyuluhan Direktorat Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak.

“Kita ingin masyarakat lebih mengenal pajak. Lebih tahu pajak sejak dini. Dengan film mendorong anak-anak jadi tahu. Ketika mereka besar jadi tahu dan fungsi pajak untuk membangun bangsa, mereka jadi rela dalam membayar pajak.”  Kata Anika dalam wawancara pada hari Rabu (2/10).

Stand Direktorat Jenderal Pajak di Jak Book Fiesta 2013 merupakan Seksi Dokumentasi dan Perpustakaan Direktorat Jenderal Pajak. Seksi ini mengurusi dua hal, yaitu perpustakaan dan dokumentasi.

Dokumentasi terkait peraturan perpajakan, arsip, surat, yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pajak maupun Kementerian Keuangan. Bukti asli hard copy disimpan, sekaligus tersedia juga copy-nya yang sudah di-alih media-kan. Untuk perpustakaan terbuka untuk diakses masyarakat umum. Koleksi di perpustakaan tidak hanya terbitan Direktorat Jenderal Pajak tetapi juga menyediakan koleksi-koleksi lain dari luar. Di antaranya tentang ekonomi, buku popular, buku bidang ilmu lain yang mendukung Direktorat Jenderal Pajak.

Sampai dengan saat ini Seksi Dokumentasi dan Perpustakaan Direktorat Jenderal Pajak sudah bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional. Kerjasama itu salah satunya untuk menelusuri sejarah perpajakan yang sudah berlangsung di Indonesia. Baik itu  dari jaman pemerintahan kolonial Belanda hingga kemerdekaan.

Selain membuka stand di Jak Book Fiesta 2013, membuat film kartun animasi dan buku anak-anak, jangkauan kampanye perpajakan juga dilakukan melalui pelbagai kegiatan. Di antaranya setiap Kantor Pusat Pajak dan Kantor Wilayah sering diadakan kegiatan bersama dengan guru, pelbagai untuk anak,  sosialiasi, dan menjadi narasumber sosialisasi.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home