Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 21:37 WIB | Rabu, 21 Januari 2015

Kapal Intelijen Rusia Berlabuh di Havana Jelang Pertemuan AS-Kuba

Kapal perang Rusia di pangkalan Sevastopol, 7 Maret 2014 (Foto:Getty Images)

HAVANA, SATUHARAPAN.COM - Sebuah kapal perang intelijen milik Rusia berlabuh di Havana pada Selasa, menjelang pembicaraan bersejarah antara Amerika Serikat dengan Kuba yang bertujuan untuk menormalisasi hubungan diplomatik.

Viktor Leonov CCB-175 ditambatkan ke dermaga di Old Havana, tempat kapal-kapal pesiar sering berlabuh, namun kedatangannya tidak diumumkan oleh otoritas Kuba.

Vishnya atau kapal intelijen kelas Meridian, yang memiliki sekitar 200 awak, mulai beroperasi di Laut Hitam pada 1988 sebelum dipindahkan ke armada utara tujuh tahun kemudian, menurut media Rusia.

Kapal tersebut berlabuh di Havana pada Februari dan Maret tahun lalu dan tetap berada di sana selama beberapa hari. Kunjungan tersebut juga dilakukan tanpa pemberitahuan.

Delegasi tertinggi AS yang mengunjungi Havana sejak 1980 itu tiba pada Rabu untuk mengikuti pembicaraan selama dua hari yang ditujukan untuk menormalisasi hubungan diplomatik dan imigrasi antara dua negara yang menjadi musuh semasa Perang Dingin tersebut.

Uni Soviet adalah pelindung utama Kuba ketika Perang Dingin.(AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home