Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 20:31 WIB | Rabu, 21 September 2016

Kapal Tanpa Nahkoda akan Diluncurkan di Amsterdam

Roboat. (Foto: ams-institute.org)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM - Kanal ikonik di Amsterdam akan segera dilewati kapal tanpa nahkoda pertama di dunia, dapat melakukan semuanya termasuk mengangkut orang dan barang hingga membersihkan ribuan sepeda yang dibuang, kata para ilmuwan dari proyek tersebut pada hari Selasa (20/9).

Prototipe pertama dari kapal tersebut yang diberi nama "Roboat" akan diluncurkan tahun depan, kata Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Amsterdam Institute for Advanced Metropolitan Solutions (AMS).

MIT menyumbangkan dana 20 juta euro (sekitar Rp 293,2 miliar) untuk penelitian tersebut.

"Sementara prototipe pertama mobil tanpa pengemudi sudah mulai berjalan, Amsterdam berada dalam bab baru dalam proyek kendaraan otomatis internasional," kata AMS dalam sebuah pernyataan sebelumnya pada pekan ini.

"Bayangkan armada kapal otomatis untuk transportasi barang dan orang," tambah perwakilan MIT Carlo Ratti, yang mengepalai program penelitian Roboat.

"Roboat menawarkan beberapa kemungkinan besar," kata direktur ilmiah Arjan van Timmeren, sambil menambahkan bahwa kapal tersebut dapat digunakan untuk membantu melaksanakan "penelitian lebih lanjut tentang robot bawah air yang dapat mendeteksi penyakit (tersebar lewat air) pada tahap awal."

"Atau kita bisa menggunakan Roboat untuk membersihkan kanal dari sampah yang mengambang dan menemukan cara yang lebih efisien untuk menangani 12.000 sepeda yang dibuang di sana setiap tahun," kata Van Timmeren.

Memiliki sekitar 165 kanal dengan panjang total mencapai 50 kilometer, menurut pejabat kota Amsterdam, kota tersebut adalah "tempat yang ideal untuk mengembangkan Roboat," kata para peneliti. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home