Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 09:30 WIB | Senin, 08 Februari 2016

Karyawan Tiongkok Dapat Bonus Imlek 60 Ekor Babi

Ilustrasi: kartun yang menggambarkan seekor babi (Foto: clipartsign.com. Foto bawah: seorang karyawan Tiongkok membawa bonus Imleknya, seekor babi, di bagian belakang mobil SUV-nya (Foto: People's Daily)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Adalah hal lumrah bagi perusahaan-perusahaan di Tiongkok memberi bonus tahun baru Imlek kepada karyawannya. Tetapi bagaimana bila bonus itu diberikan dalam bentuk babi hidup?

Ini benar-benar terjadi di Lishui, di wilayah Tiongkok bagian timur di provinsi Zhejiang.

Pada malam 31 Januari lalu, sebuah truk berisi 60 ekor babi diberangkatkan dari peternakan di Qunzhou menuju Lishui. Babi-babi ini akan diserahkan kepada karyawan sebuah dealer mobil sebagai hadiah pada pada acara Festival Musim Semi.

Walaupun kejadian seperti ini jarang terjadi di Tiongkok, hal ini telah menambah semarak perayaan tahun baru Imlek.

Manila Bulletin melaporkan, karyawan perusahaan dealer mobil itu berjumlah 50 orang. Masing-masing karyawan memperoleh seekor babi yang beratnya mulai dari 75 kilogram hingga 85 kilogram.

Pemilik perusahaan itu diperkirakan mengeluarkan uang 180.000 yuan untuk keseluruhan hadiah yang unik itu.

Pengusaha yang memiliki ide unik ini bernama Li, kelahiran tahun 1986. Dia mengatakan para karyawannya ia bebaskan untuk memilih apakah akan membawa babinya dalam keadaan hidup atau sudah dalam bentuk daging yang dipotong-potong. Ia juga menyewa seekor tukang potong dan membayarnya 150 yuan untuk memotong tiap ekor babi.

Setengah dari karyawan memilih membawa bonusnya dalam keadaan hidup karena mereka yakin orang tua mereka menyukai hadiah berupa babi hidup dan akan menambah semarak Festival Musim Semi dan Imlek.

Li bercerita dia dibesarkan di pedesaan dan bagi dia memotong babi untuk merayakan Imlek selalu menyenangkan. Sanak saudara dan tetangga bisa diajak menikmati daging itu bersama-sama.

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home