Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:54 WIB | Selasa, 04 Mei 2021

Kasus COVID-19 di India Melampaui 20 Juta

Kerabat membawa mayat seseorang yang meninggal karena COVID-19 ketika beberapa tumpukan kayu korban COVID-19 lainnya dibakar di sebuah krematorium di New Delhi, India, hari Minggu (1/5). (Foto: dok. AP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Total kasus virus corona di India telah melewati angka 20 juta pada hari Selasa (3/5), menurut data resmi, ketika pandemi terus mendatangkan malapetaka di rumah sakit negara itu.

Dalam 24 jam terakhir, India menambahkan 357.229 kasus, sehingga total menjadi 20,3 juta, menurut kementerian kesehatan. Jumlah kematian akibat COVID-19 bertambah 3.449 menjadi 222.408 orang. Banyak ahli menduga angka sebenarnya jauh lebih tinggi.

India telah menambahkan sekitar delapan juta kasus baru sejak akhir Maret dalam gelombang baru yang ganas yang diperkirakan akibat adanya varian virus, dan pemerintah telah mengizinkan sebagian besar kegiatan untuk dilanjutkan, serta pertemuan besar keagamaan dan kampanye politik yang besar.

Hal ini telah membebani sistem perawatan kesehatan India yang kekurangan dana kronis, yang menyebabkan kekurangan tempat tidur rumah sakit, obat-obatan dan oksigen yang parah. Akibatnya pasien meninggal di luar klinik yang penuh sesak di New Delhi dan di tempat lain.

Namun, jumlah harian kasus baru telah menurun dalam beberapa hari terakhir, yang mencapai puncaknya pada angka 402.000 pada hari Jumat.

"Jika kasus harian dan kematian dianalisis, ada sinyal awal pergerakan ke arah yang positif," kata pejabat senior kementerian kesehatan, Lav Aggarwal, kepada wartawan, hari Senin (2/5).

“Tapi ini adalah sinyal yang sangat awal. Perlu dikaji lebih lanjut dan melakukan upaya terkait untuk memantaunya secara berkelanjutan,” katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home