Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:00 WIB | Senin, 10 Oktober 2022

Kasus COVID-19 Meningkat Menjelang Kongres Partai Komunis China

Seorang perempuan menarik masker wajahnya untuk mengambil swab tenggorokan COVID-19 rutinnya di tempat pengujian virus corona di Beijing, Kamis, 6 Oktober 2022. Xinjiang yang luas adalah wilayah China terbaru yang terkena pembatasan perjalanan COVID-19, karena China selanjutnya meningkatkan langkah-langkah kontrol menjelang kongres utama Partai Komunis akhir bulan ini. (Foto: dok. AP/Andy Wong)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China sedang dilanda rebound kasus COVID-19 setelah liburan Hari Nasional selama sepekan, tepat ketika para pemimpin tinggi negara itu berkumpul di Beijing untuk pertemuan dengan Presiden Xi Jinping.

Negara ini mencatat 1.645 infeksi COVID-19 baru pada hari Sabtu (8/10), total tertinggi sejak 2 September. Sementara wilayah Mongolia Dalam dan Xinjiang mencatat kelompok terbesar, baik Beijing dan Shanghai menemukan kasus baru di luar karantina, menunjukkan virus itu mungkin masih menyebar.

Sementara delapan kasus baru yang dilaporkan di ibu kota pada hari Sabtu relatif sedikit, namun setiap peningkatan infeksi akan menimbulkan sakit kepala bagi para pemimpin China.

Sekitar 3.000 delegasi berkumpul di kota itu untuk menghadiri kongres dua kali dalam satu dekade mulai 16 Oktober yang diharapkan memberi Xi masa jabatan ketiga yang melanggar norma.

Pertemuan persiapan sekitar 370 anggota dan anggota pengganti Komite Sentral dijadwalkan akan dimulai hari Sabtu.

Beijing telah menemukan 10 rantai penularan di delapan distrik sejak wabah terbaru dimulai pada 29 September, kata seorang pejabat di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit kota itu pada konferensi pers pada hari Sabtu sore.

Lonjakan kasus COVID-19 secara nasional akan memalukan bagi Xi, yang telah mempertahankan strategi tanpa toleransi terhadap virus, menerima biaya sosial dan ekonomi dari penguncian cepat dan karantina terpusat, untuk menghindari korban tewas yang terlihat di bagian lain dunia. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home