Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:54 WIB | Senin, 21 Juni 2021

Kasus COVID-19 Naik, Bekasi Operasikan RSD Stadion Patriot Candrabhaga

Petugas menyiapkan ruang perawatan untuk pasien COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, kota Bekasi. (Foto: Ist)

BEKASI, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah kota Bekasi kembali mengoperasikan Rumah Sakit Darurat di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. RSD ini untuk melayani warga yang terpapar COVID-19 dan mengatasi penuhnya ruang perawatan dan ICU khusus COVID-19 di Bekasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, menjelaskan, RSD Stadion Patriot difungsikan kembali sejak hari Selasa (15/6), setelah keterisian ruang perawatan di rumah sakit semakin mengkhawatirkan. ”Karena kondisi lonjakan jumlah kasus di Kota Bekasi, jadi RSD Stadion Patriot kembali dioperasikan,” kata Tanti hari Sabtu (19/6).

Terdapat dua zona tempat isolasi yang disediakan. Saat ini yang sudah dioperasikan adalah tempat isolasi yang terletak di Gate 13 dengan kapasitas 52 tempat tidur dengan keterisian saat ini adalah 38 pasien. Sambil melihat perkembangan peningkatan kasus, pihaknya bersiap untuk menambah kapasitas dengan memfungsikan ruangan di zona lain.

”Kami juga menyiapkan Gate 17 dengan kapasitas 50 tempat tidur, dan total tempat tidur di RSD ini sebanyak 117 tempat tidur” katanya.

Meski demikian, RSD Stadion Patriot hanya diperuntukkan bagi pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG). Selain itu, RSUD Tipe D di Bekasi Utara juga turut difungsikan.

RSD Stadion Patriot didirikan guna mencegah penyebaran kasus COVID-19 pada klaster keluarga. Pasien-pasien yang tempat tinggalnya dinilai tak representatif untuk melakukan isolasi mandiri diperkenankan dirawat di sana dengan rujukan puskesmas tempat warga tinggal.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menjelaskan grafik kasus COVID-19 melonjak cepat di Kota Bekasi, hingga menunjukkan garis kenaikan yang nyaris vertikal dan sangat mengkhawatirkan.”Angkanya bukan lagi meningkat, tapi angkanya melonjak vertikal, bukan 45%, 15%, tapi hampir 90%,” katanya.

Laman resmi, corona.bekasikota.go.id, pada hari Sabtu (19/6), menunjukkan total kasus terkonfirmasi mencapai 47.723 kasus.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home