Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 17:31 WIB | Senin, 12 Juni 2023

KBRI Vientiane Bantu Pulangkan Enam WNI Korban Online Scammers di Laos

Penyeberangan di Chiang Rai, Thailand. (Foto: Kemlu)

VIENTIANE, SATUHARAPAN.COM-Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Vientiane, Laos membantu kepulangan enam WNI (warga negara Indonesia) yang sebelumnya terjebak dipekerjakan sebagai online scammers di Golden Triangle Special Economic zone (GTSEZ), Provinsi Bokeo, Laos.

Keenam WNI meninggalkan Laos melalui perbatasan Golden Triangle-Chiang Rai, Thailand untuk melanjutkan perjalanan pulang ke Tanah Air.

Mereka akhirnya bisa pulang setelah memperoleh kembali paspornya yang ditahan oleh perusahaan. Proses pengembalian terbilang sulit karena Perusahan secara berbelit-belit mengubah-ubah keterangan dengan mengaku kehilangan paspor, tidak pernah menerima paspor maupun beralasan lagi bahwa ada utang WNI ke perusahaan yang belum dibayarkan.

Atas kerja sama KBRI Vientiane dengan Otoritas Laos, Perusahaan akhirnya mengembalikan paspor para WNI. Dengan kepulangan enam WNI tersebut, tercatat 69 WNI telah meninggalkan GTSEZ Laos menuju Tanah Air melalui Chiang Rai pada kurun 23 Mei-7 Juni 2023.

Para WNI yang terjebak bekerja di GTSEZ umumnya terbujuk tawaran pekerjaan mudah dengan gaji tinggi di Thailand sebagai admin online shop, investasi kripto maupun judi online yang diperoleh dari iklan di media sosial, teman, kenalan bahkan anggota keluarga.

Setelah memperoleh paspor dan tiket pesawat, mereka kemudian diberangkatkan oleh oknum agen perekrut sampai ke Thailand lalu dibawa menyeberangi sungai perbatasan Chiang Rai menuju GTSEZ, Laos.

Sesampainya di perusahaan, mereka disodorkan kontrak dalam bahasa Mandarin dan paspor ditahan oleh perusahaan lalu dipekerjakan dalam aksi penipu online selama 10-14 jam per hari. Apabila tidak berhasil memenuhi target, mereka akan diancam dijual atau membayar denda puluhan juta apabila ingin berhenti bekerja dari perusahaan dan pulang ke Tanah Air.

KBRI Vientiane kembali menghimbau agar para WNI tidak dengan mudah tergiur dengan tawaran pekerjaan yang beredar di media sosial maupun kenalan tanpa adanya kontrak maupun visa kerja sebelum berangkat ke luar negeri.​

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home