Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:34 WIB | Rabu, 29 Januari 2014

Kehidupan Keagamaan di AS Menurun Tajam

Kehidupan Keagamaan di AS Menurun Tajam
Foto ilustrasi. (Foto: Ist)
Kehidupan Keagamaan di AS Menurun Tajam
Grafik penurunan selama 60 tahun.

SATUHARAPAN.COM – Kehidupan keagamaan di Amerika Serikat mengalami penurunan yang tajam yang disebut sebagai “ The Great Decline”  selama liba belas tahun terakhir. Hal itu diungkapkaan Tobin Grant dalam blognya yang mengumpulkan data-data survey sejak beberapa decade seperti yang dimuat dalam religionnews.com.

Penurunan religiusitas di Amerika Serikat yang terakhir mengulangi kondisi pada penurunan yang terjadi pada decade 1960-an dan 1970-an.

Grant melacak perubahan besar-besaran dalam kehidupan keagamaan  Amerika  dengan mengumpulkan  informasi  secara  ketat dari survei ilmiah. Survei itu menyangkut tentang kehadiran dalam ibadah, keanggotaan dalam  sebuah jemaat, aktivitas ber doa, dan perasaan terhadap agama.

Grant kemudian menggunakan algoritma komputer untuk melacak lebih dari 400 hasil survei selama 60 tahun terakhir. Hasilnya adalah salah satu ukuran bahwa perubahan grafik untuk religiusitas selama bertahun-tahun.

Grafik indeks tersebut menggambarkan naik turunnya kegiatan keagamaan di AS. Selama pasca perang, baby  booming pada  dekade 1950-an, terjadi kebangkitan kehidupan keagamaan. Dan ada  yang menyebut  hal itu sebagai kebangkitan besar ketiga.

Kemudian datang perubahan sosial pada tahun 1960-an, yang termasuk mempertanyaan lembaga keagamaan. Penurunan  dalam keagamaan  berakhir pada akhir tahun 1970-an, ketika religiusitas menunjukkan stabil.

Selama lima belas tahun terakhir, kehidupan keagamaan di AS  sekali lagi menurun, dan penurunan ini jauh lebih tajam dari penurunan pada 1960-an dan 1970-an. Kehadiran pada kegiatan doa  di gereja  makin berkurang. Jumlah orang yang tidak memiliki agama  bertumbuh, dan lebih sedikit orang yang mengatakan bahwa agama adalah bagian penting dari kehidupan mereka.

 Semua tindakan menunjukkan penurunan yang sama  terkait kehidupan keagamaan. Pada tahun 1950-an disebut sebagai Kebangkitan Besar, kondisi terakhir  adalah Penurunan besar.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home