Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:31 WIB | Minggu, 06 September 2015

Kejurnas Atletik 2015: Yulianingsih Menang karena Semangat

Yulianingsih saat berlaga di nomor 3.000 meter putri halang rintang Kejurnas Atletik 2015, hari Sabtu (5/9) di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta. (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pelari putri dari Provinsi Jawa Timur, Yulianingsih menolak anggapan bahwa kemenangan di nomor 3000 meter tersebut adalah sebuah keberuntungan, melainkan karena dia bersemangat tinggi.

“Ah, ya ndak mas (bukan keberuntungan, red), tetapi memang nomor 3.000 meter halang rintang ini spesialisasi saya, jadi saya tambah semangat,” kata Yulianingsih kepada satuharapan.com setelah penyerahan medali Kejurnas Atletik 2015, hari Sabtu (5/9) di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta.

Yulianingsih masih belum dapat mengalahkan rekor di nomor 3.000 meter halang rintang yang dicatat atas nama pelari “senior” Rini Budiarti yang telah pensiun dari dunia atletik pasca SEA Games lalu. Yulianingsih menolak anggapan bahwa dia menang karena Rini Budiarti tidak berlaga lagi di lintasan atletik.

“Tadi saya menang tapi nggak bisa maksimal, karena memang tadi tenaga terforsir,” kata pelari kelahiran Blitar, Jawa Timur itu.

Yulianingsih menyabet medali emas dalam lomba lari 3.000 meter putri halang rintang, mencatat waktu 10 menit 59,50 detik. Posisi kedua didikuti Pretty Sihite dari Sumatera Utara yang mencatat waktu 11 menit 24,34 detik, Bektiningsih ada di urutan ketiga dengan catatan waktu 11 menit 33,98 detik.

Yulianingsih lolos limit di nomor 3.000 meter halang rintang sebab menurut buku panduan panitia Kejurnas 2015 limit untuk nomor 3.000 meter halang rintang adalah 11 menit 30,00 detik. Tidak hanya Yulianingsih, tetapi Pretty Sihite juga lolos ke PON 2016.

Sejak awal pistol tanda start diletupkan ke udara oleh perangkat pertandingan, Yulianingsih unggul dan melesat jauh, akan tetapi saat putaran mencapai 1.000 meter kecepatan Yulianingsih nampak melambat dan mulai didekati pelari Jawa Barat, Anjarsari Dewi dan Pretty Sihite dari Sumatera Utara.

Kecepatan Yulianingsih nampak stabil di putaran terakhir, dan Yulianingsih memenangi nomor tersebut sementara beberapa meter di belakangnya menguntit Pretty Sihite.

Jatim Juara Kejurnas Atletik 2015

Kontingen Jawa Timur sukses menjuarai Kejuaraan Nasional Atletik 2015 Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX.  Kontingen Jawa Timur menambah koleksi dua medali emas pada hari terakhir perlombaan, Sabtu, dari nomor lari 100 meter putri atas nama Serafi Anelis Unani dan nomor lari halang rintang putri 3.000 meter atas nama Yulianingsih.

Kemudian, kontingen DKI Jakarta menempati urutan kedua dengan menambah dua medali emas pada nomor perlombaan lari 10.000 meter putri atas nama Tiyaningsih dan lompat tinggi putri atas nama Nadia Anggraini.

Pada urutan ketiga, kontingen Jawa Tengah menambah satu medali emas pada hari terakhir perlombaan pada nomor lompat jangkit putri atas nama Titi Janiati.

Kontingen Jawa Barat yang menempati urutan keempat tidak menambah perolehan medali emas dan disusul Nusa Tenggara Barat yang menempati urutan kelima.

Nusa Tenggara Barat menambah dua medali emas pada nomor perlombaan lari 100 putra atas nama Sudirman Hadi dan nomor estafet putra 4 x 400 meter atas nama Abdul Rajak, Ridwan, Adrian, dan Arif Rahman.

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home