Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:07 WIB | Minggu, 06 September 2015

Alan Belum Rencanakan Gelar Astec Open di Luar Jakarta

Alan Budikusuma saat peluncuran Astec Open beberapa waktu lalu. (Foto: Humas PBSI).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pebulu tangkis tunggal putra legendaris Alan Budikusuma menegaskan kejuaraan Astec Open yang dia prakarsai bersama isterinya, Susi Susanti belum berencana melebarkan sayap untuk menggelar turnamen serupa di luar Jakarta.  

“Sementara ini (Astec Open, red) hanya di Jakarta aja, Ya tetapi ke depannya tidak menutup kemungkinan kita bisa di luar untuk hal itu,” kata Alan kepada satuharapan.com, hari Minggu (6/9) di sela-sela Kejuaraan Bulu Tangkis Astec Open 2015, di  Gelanggang Olah Raga Bulu Tangkis Asia-Afrika, Senayan, Jakarta.

Alan mengatakan ide tersebut memang baik tetapi masih akan memikirkan dan mengevaluasi penyelenggaraan kejuaraan bulu tangkis tersebut.

“Astec kalau di luar jakarta kita hanya sebagai sponsor untuk alat-alat olah raga yang sudah diakui secara nasional,” dia menambahkan.

Alan menjelaskan para peserta yang ikut sebanyak 1091 pebulu tangkis yang berasal dari 91 klub nasional dan tiga negara asing, yaitu Thailand, Jepang, dan India.

“Nantinya anak-anak (pebulu tangkis, red) akan  memperebutkan total hadiah sebesar Rp 258  juta. Turnamen ini akan mempertandingkan beberapa kelompok umur, mulai dari anak-anak, pemula, remaja, dewasa, sampai yang veteran,” kata Alan.

Alan mengatakan Astec tidak melakukan audisi terbuka seperti yang dilakukan PB Djarum beberapa waktu lalu.

“Cara kami mencari bibit unggul ya mengadakan turnamen seperti ini,” dia menambahkan.  

Alan Budikusuma dan Susi Susanti

Alan dan Susi dahulu terkenal sebagai pasangan pebulu tangkis spesialis olimpiade. Alan menikah dengan Susi Susanti, yang juga menjadi meraih medali emas Olimpiade 1992.  

Alan masuk ke Pelatnas PBSI pada 1987. Prestasinya telah terlihat saat ia menjuarai tunggal putra junior di Jakarta Open pada 1985 dalam usia 17 tahun dan Thailand Terbuka pada 1989. Ia beberapa kali memperkuat Indonesia di ajang  Piala Thomas  pada 1988-1998.

Pasangan Alan dan Susi memiliki tiga orang anak yang bernama Laurencia Averina (lahir pada 1999), Albertus Edward (lahir pada 2000), dan Sebastianus Frederick (lahir pada 2003).

Astec Open

Kejuaraan bulu tangkis Astec Open telah diselenggarakan untuk kesebelas kali, kejuaraan yang menjadi agenda resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesa (PBSI) ini merupakan prakarsa dari Alan Budikusuma dan Susi Susanti yang memiliki produk-produk olah raga terutama bulu tangkis.

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home