Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:38 WIB | Jumat, 13 Maret 2015

Kelompok di Jerman Larang Pejalan Kaki Gunakan Ponsel

Ilustrasi menggunakan ponsel di jalan. (Foto: istimewa)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Sebuah asosiasi Jerman yang mewakili para pejalan kaki menyerukan larangan bagi orang-orang untuk memandangi ponsel mereka saat berjalan melalui lalu lintas kota, demi mengurangi terjadinya kecelakaan.

Sudah sangat lazim diketahui bahwa ponsel mengalihkan perhatian pengguna dari bahaya lalu lintas di sekitar mereka, ungkap Association of Pedestrian Traffic Germany dalam edisi terbaru majalahnya pada Kamis (12/3).

Di Jerman “sejauh ini hampir tidak ada analisis kecelakaan yang dilakukan secara tepat, dan fokusnya adalah para pengemudi kendaraan bermotor,” kata dia. Namun, studi internasional menunjukkan risiko kecelakaan yang lebih tinggi bagi orang-orang yang terpaku dengan perangkat digital mereka.

Kelompok yang berbasis di Berlin itu mengusulkan denda bagi pejalan kaki yang menggunakan smartphone mereka di dekat lalu lintas kendaraan bermotor, menyesuaikan hukuman yang sudah ada bagi pengemudi, dan mengatakan bahwa pihaknya akan mempromosikan fokusnya dengan slogan kampanye “tegakkan kepala tinggi-tinggi saat berjalan.” (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home