Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 18:10 WIB | Jumat, 24 Januari 2014

Kemdikbud Beri Bantuan untuk Anak PAUD di Sinabung

Anak-anak korban letusan gunung Sinabung sedang bermain di lokasi pengungsian, di Sumatera Utara. (Foto: kemdikbud.go.id)

KARO, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (Ditjen PAUDNI) menyalurkan bantuan tas sekolah bagi anak-anak usia dini yang menjadi korban letusan gunung Sinabung, Sumatera Utara.

“Kami berharap dengan bantuan ini anak-anak PAUD dapat tetap bermain, agar keceriaan mereka tidak hilang,” kata Kasubdit Sarana Prasarana Direktorat Pembinaan PAUD Kemdikbud, M. Nuch Rahardjo, pada Jumat (24/1).

Sebelumnya, Kemdikbud telah mengirimkan tim pada Rabu (22/1) ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara, untuk menyerahkan bantuan berupa 100 tas sekolah, beserta 100 paket makanan anak dan perlengkapan belajar. Bantuan tersebut didistribusikan kepada anak-anak PAUD di lima lokasi pengungsian di Kabupaten Karo.

Penawar Trauma

Melalui Direktorat Pembinaan PAUD, Kemdikbud juga telah mengirimkan 10 paket Alat Permainan Edukatif (APE) bagi anak-anak di lokasi pengungsian. Selain itu, tim Kemdikbud dari Ditjen PAUDNI juga bergabung dengan 50 relawan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Mereka merupakan guru-guru TK dan pengasuh PAUD yang tergabung dalam Himpaudni Provinsi Sumatera Utara.

Para relawan tersebut menghibur anak-anak di lokasi pengungsian, mereka mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan bermain. Menurut pihak Kemendikbud, aksi kepedulian tersebut berupaya untuk mengembalikan keceriaan anak-anak dan sebagai penawar trauma.

Selain memberikan bantuan, tim Kemdikbud bersama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara juga mendata lembaga PAUD yang rusak terkena dampak letusan Sinabung. “Saat ini pendataan masih berlangsung, mudah-mudahan tidak banyak PAUD yang terkena dampak,” harap M. Nuch Rahardjo.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan Ditjen PAUDNI, jumlah lembaga PAUD di Kabupaten Karo mencapai 224 lembaga. Dari jumlah tersebut, sebanyak 85 lembaga adalah Taman Kanak-kanak, 64 Kelompok Bermain, 6 Taman Penitipan Anak, dan sisanya adalah Satuan PAUD Sejenis. Kabupaten Karo memiliki 262 desa di 17 kecamatan. Dari jumlah desa yang ada, sebanyak 114 desa telah terlayani PAUD. (Kemdikbud)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home