Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:32 WIB | Rabu, 04 Maret 2015

Kemendagri Ingin Temukan DPRD dan Pemprov Esok

Direktur Jenderal (Dirjen) Keuangan Daerah Reydonnyzar Moenek. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya akan mempertemukan dua kubu yang berseteru, yakni Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Setelah marathon bertemu dengan DPRD dan Pemprov, Kemendagri rencananya akan mempertemukan DPRD dan Pemprov esok, Kamis (5/3).

Direktur Jenderal (Dirjen) Keuangan Daerah Reydonnyzar Moenek kepada awak media siang tadi (4/3) mengatakan Kemendagri ingin memfasilitasi, memediasi, dan mengklarifikasi persoalan berkas anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang seolah-olah menjadi pokok utama permasalahan.

“Kan kami harus menghormati pandangan Gubernur dan sikap Gubernur, kami juga harus menghormati pandangan dan sikap DPRD terkait APBD, tapi pemerintahan harus tetap jalan. Prinsip dasarnya begitu. Proses poltiik kita hormati, proses hukum kita hormati, tapi proses administrasi pemerintahan daerah dan pelayanan publilk tidak boleh tersandera dan terkendala oleh dinamika politik,” ujar pria yang akrab disapa Donny di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (4/3) siang.

Rencana pertemuan Pemprov dan  DPRD di Kemendagri ialah klarifikasi persoalan evaluasi APBD.

“Nanti, ruang itulah kami buka, saya nyatakan bagaimana sikap Gubernur, bagaimana sikap DPRD, kalau DPRD keberatan kami hormati, Gubernur punya sanggahan juga kami hormati,” Dhonny menambahkan.

Kemendagri merasa harus mendengar berbagai pihak karena APBD ini seharusnya menjadi kesepakatan bersama antara kepala daerah dengan DPRD. Dhonny juga menegaskan pertemuan keduanya harus menghasilkan keputusan politik.

“Keputusan politk harus ada. Biarkan dinamika politik ini berjalan dulu. Kita tetap berpikir positif.Pasti akan ada solusi. Idelanya memang harus dengan Perda,” ujar Dhonny.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bertemu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Dhonny untuk membahas kelanjutan APBD.

Seusai bertemu dengan pihak Kemendagri, Ahok menyatakan tetap tak akan kompromi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home