Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:06 WIB | Rabu, 05 Januari 2022

Kemiskinan dan Kelaparan Memaksa Warga Afghanistan Menjual Anak

Umumnya mereka menjual anak perempuan untuk dinikahkan di usia muda dengan pembayaran. Yang lain menjual ginjal untuk membeli makanan.
Kemiskinan dan Kelaparan Memaksa Warga Afghanistan Menjual Anak
Qandi Gul menggendong saudara laki-lakinya di luar rumah, mereka mengungsi karena perang dan kekeringan di dekat Herat, Afghanistan pada16 Desember 2021. Ayah Gul menjualnya ke dalam pernikahan tanpa memberitahu istrinya, mengambil uang muka agar dia bisa memberi makan keluarganya dengan lima anak. Tanpa uang itu, katanya, mereka semua akan kelaparan. Dia harus mengorbankan satu untuk menyelamatkan sisanya. (Foto-foto: AP/Mstyslav Chernov)
Kemiskinan dan Kelaparan Memaksa Warga Afghanistan Menjual Anak
Aziz Gul, kedua dari kanan, dan putrinya yang berusia 10 tahun Qandi, tengah, duduk di luar rumah mereka bersama anggota keluarga lainnya, dekat Herat, Afghanistan pada16 Desember 2021.
Kemiskinan dan Kelaparan Memaksa Warga Afghanistan Menjual Anak
Fatima menggendong putrinya yang berusia empat tahun, Nazia, yang menderita kekurangan gizi akut, di rumah mereka dekat Herat, Afghanistan barat, pada 16 Desember 2021.
Kemiskinan dan Kelaparan Memaksa Warga Afghanistan Menjual Anak
Seorang perawat menunjukkan bekas luka Chinar, yang menjalani operasi pengangkatan ginjal, di sebuah pemukiman dekat Herat, Afghanistan, 16 Desember 2021. Chinar mengatakan suaminya sakit dan dia harus menjual ginjalnya untuk memberi makan keempat anaknya.
Kemiskinan dan Kelaparan Memaksa Warga Afghanistan Menjual Anak
Sardar Muhammad, yang menjual ginjalnya, menunjukkan bekas luka dari operasi pengangkatan ginjalnya di sebuah pemukiman dekat Herat, Afghanistan, 16 Desember 2021.
Kemiskinan dan Kelaparan Memaksa Warga Afghanistan Menjual Anak
Seorang perawat memeriksa berat badan seorang anak di klinik darurat yang diselenggarakan oleh World Vision di sebuah pemukiman dekat Herat, Afghanistan, pada 16 Desember 2021.

KAMP SHEDAI, SATUHARAPAN.COM-Di pemukiman luas dengan rumah-rumah bata dan lumpur di Afghanistan barat yang menampung orang-orang yang terlantar akibat kekeringan dan perang, seorang perempuan sedang berjuang untuk menyelamatkan putrinya.

Suami Aziz Gul menjual anak gadis berusia 10 tahun ke dalam pernikahan tanpa memberitahu istrinya. Dia mengambil uang mukam sehingga dia bisa memberi makan keluarganya dengan lima anak. Tanpa uang itu, katanya, mereka semua akan kelaparan. Dia harus mengorbankan satu untuk menyelamatkan lainnya.

Banyak dari orang-orang miskin Afghanistan yang semakin banyak membuat keputusan karena putus asa seperti ini ketika negara mereka terjebak ke dalam pusaran kemiskinan.

Ekonomi negara yang bergantung pada bantuan itu sudah tertatih-tatih ketika Taliban merebut kekuasaan pada pertengahan Agustus di tengah penarikan pasukan Amerika Serikat dan NATO yang kacau.

Komunitas internasional membekukan aset Afghanistan di luar negeri dan menghentikan semua pendanaan, tidak mau bekerja dengan pemerintah Taliban, karena reputasinya yang brutal selama pemerintahan sebelumnya 20 tahun lalu.

Menjual Anak untuk Makan

Konsekuensinya telah menghancurkan negara yang dilanda perang selama empat dekade, kekeringan yang menyiksa, dan pandemi virus corona. Legiun pegawai negeri, termasuk dokter, belum dibayar selama berbulan-bulan. Malnutrisi dan kemiskinan mengancam yang paling rentan, dan kelompok bantuan mengatakan lebih dari setengah populasi menghadapi kekurangan pangan akut.

“Hari demi hari, situasi di negara ini semakin memburuk, dan terutama anak-anak menderita,” kata Asuntha Charles, direktur nasional organisasi bantuan World Vision di Afghanistan, yang menjalankan klinik kesehatan untuk orang-orang terlantar di luar kota Herat.

"Hari ini saya sangat sedih melihat keluarga bersedia menjual anak-anak mereka untuk memberi makan anggota keluarga lainnya," kata Charles. “Jadi ini waktu yang tepat bagi komunitas kemanusiaan untuk berdiri dan tinggal bersama rakyat Afghanistan.”

Mengatur pernikahan untuk gadis-gadis yang sangat muda adalah praktik yang sering dilakukan di seluruh wilayah. Keluarga mempelai pria, seringkali merupakan kerabat jauh, membayar uang untuk mengikat kesepakatan, dan anak biasanya tinggal bersama orang tuanya sendiri sampai dia setidaknya berusia sekitar 15 atau 16 tahun.

Namun dengan banyak yang tidak mampu membeli makanan pokok, beberapa mengatakan mereka akan mengizinkan calon pengantin pria untuk mengambil gadis yang sangat muda atau bahkan mencoba untuk menjual anak laki-laki mereka.

Aziz Gul Menolak

Tapi Aziz Gul menolak. Ini yang luar biasa dari orang yang hidup dalam masyarakat yang sangat patriarkal dan didominasi laki-laki. Suaminya menikahi dirinya sendiri pada usia 15, dan dia bilang dia akan bunuh diri jika putrinya, Qandi Gul, dibawa pergi secara paksa.

Gul ingat betul saat dia mengetahui suaminya telah menjual Qandi. Selama sekitar dua bulan, keluarga sudah bisa makan. Akhirnya, dia bertanya kepada suaminya dari mana uang itu berasal, dan suaminya memberi tahu dia.

“Jantung saya berhenti berdetak. Saya berharap saya bisa mati saat itu, tetapi mungkin Tuhan tidak ingin saya mati,” kata Gul. Qandi duduk dekat ibunya, mata cokelatnya mengintip malu-malu dari balik kerudung biru langitnya. “Setiap kali saya mengingat malam itu… saya mati dan hidup kembali. Itu sangat sulit.”

Dia bertanya kepada suaminya mengapa dia melakukannya. “Dia bilang dia ingin menjual satu dan menyelamatkan yang lain. 'Kalian semua akan mati dengan cara ini,' (katanya.) Saya mengatakan kepadanya, 'Mati jauh lebih baik daripada apa yang telah Anda lakukan.'”

Gul mengumpulkan komunitasnya, memberi tahu saudara laki-lakinya dan para tetua desa bahwa suaminya telah menjual anaknya di belakang punggungnya. Mereka mendukungnya, dan dengan bantuan mereka dia mendapatkan “perceraian” untuk anaknya, tetapi hanya dengan syarat dia membayar 100.000 afghani (sekitar US$ 1.000) yang telah diterima suaminya.

Itu uang yang tidak dia miliki. Suaminya melarikan diri, mungkin karena takut Gul akan mengadukannya ke pihak berwenang. Pemerintah Taliban baru-baru ini mengumumkan larangan memaksa perempuan menikah atau menggunakan perempuan dan anak perempuan sebagai alat tukar untuk menyelesaikan perselisihan.

Keluarga calon pengantin pria, seorang pria berusia sekitar 21 atau 22 tahun, telah mencoba beberapa kali untuk mengklaim gadis itu, katanya. Dia tidak yakin berapa lama dia bisa menghadapi penolakan Gul.

“Aku sangat putus asa. Jika saya tidak dapat menyediakan uang untuk membayar orang-orang ini dan tidak dapat menjaga putri saya di sisi saya, saya telah mengatakan bahwa saya akan bunuh diri,” kata Gul.

“Tapi kemudian saya berpikir tentang anak-anak lain. Apa yang akan terjadi pada mereka? Siapa yang akan memberi mereka makan?” Anak sulungnya berusia 12 tahun, anak bungsunya, anak keenam, baru berusia dua bulan.

Sekarang Aziz Gul sendirian, dan dia menitipkan anak-anak bersama ibunya yang sudah lanjut usia, agar dia bisa pergi bekerja di rumah-rumah penduduk. Putranya yang berusia 12 tahun bekerja memetik safron sepulang sekolah. Itu hampir tidak cukup untuk memberi mereka makan, dan musim safron pendek, hanya beberapa pekan di musim gugur. "Kami tidak punya apa-apa," kata Gul.

Kasus Hamid Abdullah

Di bagian lain kamp yang sama, ayah empat anak Hamid Abdullah juga menjual putrinya yang masih kecil untuk dijodohkan. Dia sangat membutuhkan uang untuk mengobati istrinya yang sakit kronis, dan hamil anak kelima mereka.

Abdullah meminjam uang untuk membayar perawatan istrinya dan tidak dapat membayarnya kembali, katanya. Jadi tiga tahun lalu, dia menerima uang muka untuk putri sulungnya Hoshran, sekarang berusia tujuh tahun, dalam perjodohan dengan seorang anak berusia 18 tahun di provinsi asal mereka, Badghis. Dia sekarang mencari seseorang untuk membeli putri keduanya, Nazia yang berusia enam tahun.

“Kami tidak punya makanan untuk dimakan,” kata Abdullah, seraya menambahkan bahwa dia juga harus membeli obat untuk istrinya, yang akan membutuhkan perawatan lebih lanjut. "Dia membutuhkan operasi lagi, saya tidak punya untuk membayar dokter."

Keluarga yang membeli Hoshran menunggu sampai dia lebih dewasa sebelum jumlah penuh uang hutangnya dilunasi, jelasnya.

Tetapi dia membutuhkan uang sekarang untuk makanan dan perawatan, jadi dia mencoba mengatur pernikahan untuk Nazia dengan biaya sekitar 20.000-30.000 afghani (sekitar US$200 - US$300).

"Apa yang harus kita lakukan? Kami harus melakukannya, kami tidak punya pilihan lain,” kata istrinya, Bibi Jan. “Ketika kami membuat keputusan, seperti seseorang telah mengambil bagian tubuh dari saya.”

Kasus Ibu Guldasta

Di provinsi tetangga Badghis, keluarga pengungsi lainnya sedang mempertimbangkan untuk menjual putra mereka, Salahuddin yang berusia delapan tahun.

Ibunya, Guldasta, mengatakan bahwa setelah berhari-hari tanpa makan, dia menyuruh suaminya untuk membawa anak laki-laki itu ke pasar dan menjualnya untuk membawa makanan bagi yang lain.

“Saya tidak ingin menjual putra saya, tetapi saya harus melakukannya,” kata pria berusia 35 tahun itu. "Tidak ada ibu yang bisa melakukan ini pada anaknya, tetapi ketika kamu tidak punya pilihan lain, kamu harus membuat keputusan yang bertentangan dengan keinginanmu."

Salahuddin mengerjap dan menatap dalam diam. Dikelilingi oleh beberapa dari tujuh saudara laki-laki dan perempuannya, bibirnya sedikit bergetar.

Ayahnya, Shakir, yang salah satu matanya buta dan memiliki masalah ginjal, mengatakan anak-anaknya telah menangis selama berhari-hari karena kelaparan. Dua kali, katanya, dia memutuskan untuk membawa bocah itu ke pasar dan dua kali dia gagal, tidak mampu melakukannya. "Tapi sekarang saya pikir saya tidak punya pilihan lain selain menjualnya."

Membeli anak laki-laki diyakini kurang umum daripada anak perempuan, dan ketika itu terjadi, tampaknya kasus bayi laki-laki dibeli oleh keluarga yang tidak memiliki anak laki-laki. Dalam keputusasaannya, Guldasta berpikir mungkin keluarga seperti itu menginginkan anak berusia delapan tahun.

Keputusasaan jutaan orang jelas karena semakin banyak orang menghadapi kelaparan. Pada akhir tahun, sekitar 3,2 juta anak di bawah lima tahun diperkirakan akan menderita kekurangan gizi akut, menurut PBB.

Nazia adalah salah satunya. Bocah berusia empat tahun itu terbaring lesu di pelukan ibunya setelah mengunjungi klinik kesehatan World Vision.

Dua tahun lalu, Nazia masih balita gemuk, kata ibunya, Fatima. Sekarang, anggota tubuhnya yang kurus hanya kulit yang menutupi tulang. Jantung kecilnya berdegup kencang di bawah tulang rusuknya.

“Harga-harga tinggi. Tepung mahal, minyak goreng mahal, semuanya mahal,” kata Fatima. “Sepanjang hari dia meminta saya untuk memberinya daging, yogurt, dan buah. Kami tidak punya apa-apa, dan kami tidak punya uang untuk membelinya.”

Charles, direktur nasional World Vision untuk Afghanistan, mengatakan dana bantuan kemanusiaan sangat dibutuhkan. “Saya senang melihat janji itu dibuat,” katanya. Tetapi janji itu “tidak boleh tinggal sebagai janji, mereka harus dilihat sebagai kenyataan di lapangan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home