Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:19 WIB | Senin, 25 Agustus 2014

Kendalikan NIIS, AS Lancarkan Serangan Udara di Irak Utara

Pasukan keamanan Kurdi memeriksa lokasi serangan bom mobil di Arbil, ibu kota wilayah Kurdistan Irak, 23 Agustus 2014. (Foto: alarabiya.net/Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat pada Minggu (24/8) mengerahkan pesawat dan drone (pesawat tanpa awak) untuk menyerang target di Irak utara sebagai upaya untuk mengendalikan para militan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS), yang merebut sebagian besar wilayah di kawasan tersebut.

“Pasukan militer Amerika Serikat terus melancarkan serangan terhadap teroris NIIS untuk mendukung operasi pasukan keamanan Irak dengan menggunakan pesawat penyerang dan pesawat tanpa awak untuk melakukan dua serangan udara di sekitar Arbil dan bendungan Mosul,” menurut pernyataan Centcom yang berbasis di Florida.

“Satu serangan berhasil menghancurkan kendaraan militer NIIS dekat bendungan Mosul dan satu serangan lainnya menghancurkan kendaraan bersenjata NIIS di dekat Arbil. Semua pesawat meninggalkan lokasi serangan dengan aman,” imbuhnya.

Pasukan AS bertindak “di bawah otoritas untuk mendukung operasi pasukan keamanan Irak dan pasukan pertahanan Kurdistan, serta untuk melindungi infrastruktur penting, fasilitas dan personel AS, dan mendukung upaya kemanusiaan,” ujarnya.

Irak tengah berupaya mendapatkan kembali sebagian wilayah negara tersebut setelah serangan militan yang dipimpin ISIS berhasil merebut kota Mosul pada Juni dan wilayah dengan penduduk mayoritas Sunni setelah pasukan keamanan melarikan diri.

Para gerilyawan dibombardir sejak 8 Agustus melalui serangan udara AS di Irak utara sehingga memungkinkan pasukan keamanan Kurdistan untuk merebut kembali wilayahnya, termasuk daerah Qaraj, yang direbut kembali pada Minggu. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home