Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 07:53 WIB | Senin, 03 Maret 2014

Kepala AL Ukraina Nyatakan Kesetiaan ke pro-Rusia

Laksamana Denys Berezovsky: Aku bersumpah demi penduduk Republik Otonomi Crimea. (Foto: bbc.co.uk)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Kepala angkatan laut Ukraina pada Minggu (2/3) menyatakan dirinya akan setia kepada otoritas pro-Rusia di semenanjung Crimea, sehari setelah dia diangkat oleh pemimpin sementara Ukraina Oleksandr Turchynov.

“Saya bersumpah untuk mengeksekusi perintah dari komandan Republik Otonomi Crimea (pro-Rusia),” ujar Denys Berezovsky dalam pernyataan yang disiarkan televisi dari pangkalan Armada Laut Hitam Rusia di Krimea, menambahkan bahwa dia “bersumpah untuk setia kepada warga Republik Otonomi Crimea.”

Pernyataan mengejutkan tersebut muncul saat otoritas Kiev kehilangan kendali atas semenanjung Crimea yang didominasi etnik Rusia, yang semakin jatuh ke dalam kekacauan sejak presiden Viktor Yanukovych yang didukung oleh Rusia digulingkan akhir pekan lalu.

Kelompok bersenjata yang diyakini Kiev didukung oleh Moskow sejak saat itu telah merebut beberapa bangunan penting pemerintah di Crimea dan mengepung markas militer Ukraina, dan parlemen Rusia pada Sabtu menyetujui pengerahan tentaranya ke bekas Uni Soviet tersebut.

Belum diketahui dengan jelas kenapa dan bagaimana Berezovsky mengubah kesetiaannya, namun perdana menteri Crimea yang pro-Rusia yang baru ditunjuk, Sergiy Aksyonov, yang tidak mendapat pengakuan dari Kiev, mengatakan bahwa pengumuman tersebut merupakan “peristiwa bersejarah” dalam konferensi pers bersama kepala angkatan laut tersebut. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home