Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:48 WIB | Jumat, 28 Februari 2014

Presiden Ukraina Terguling, Yanukovych, Adakan Konferensi Pers di Rusia

Presiden Ukraina Terguling, Viktor Yanukovych. (Foto: AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Presiden Ukraina yang digulingkan, Viktor Yanukovych, akan memberikan konferensi pers pada hari Jumat (28/2) pada pukul 17.00 waktu Moskow di kota Rostov-on-Don, di bagian selatan Rusia.

Hal itu akan menjadi penampilan publik pertamanya sejak melarikan diri Ukraina pada 22 februari lalu. Demikian dilaporkan kantor berita AFP.

Yanukovych dinyatakan buron oleh pemerintah sementara Ukraina dengan tuduhan bertanggung jawab atas pembunuhan missal dalam kerusuhan antara polisi dan demonstran di ibu kota Ukraina, Kiev.

Dia juga akan diajukan ke pengadilan kejahatan internasional di Den Haag, belanda atas tuduhan itu. Namun sejauh ini keberadaan Yanukovych tidak diketahui. Berbagai spekulasi menyebut dia ada di Moskow atau di Crimea, tetangga Ukraina.

 Sementara itu, situs berita Rusia, Ria Novosti, menyebutkan informasi itu datang dari seorang pejabat yang dekat dengan Yanukovych. Sedangkan tempat konferensi pers akan diberatahukan segera.

Sumber pemerintah Rusia yang minta namanya tak disebutkan mengatakan bahwa Rusia telah menerima permintaan dari Yanukovych untuk keamanan dan bahwa pemimpin buronan itu saat ini berada di wilayah Rusia.

Namun dia diinginkan untuk dikembalikan ke Ukraina karena diduga bertanggung jawab atas kematian puluhan demonstran. Terakhir dia terlihat di kota tepi pantai di Crimea, Balaklava, pada hari Minggu (23/2) malam, menurut Kementerian Dalam Negeri Ukraina.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home