Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 20:43 WIB | Senin, 19 September 2016

Kepala BKPM Prediksi Ekspor RI 2017 Flat

Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) itu memperkirakan ekspor Indonesia hingga akhir tahun ini akan mengalami penurunan.
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (kedua kanan) bersama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong berjalan memasuki ruangan untuk mengikuti acara Penandatanganan Pedoman Kerja antara BKPM dan Polri di gedung BKPM, Jakarta, Senin (19/9). Pedoman kerja tersebut tentang koordinasi perlindungan dan keamanan bagi dunia usaha untuk mendukung kegiatan investasi di Indonesia. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Badan Kooordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong, memprediksi nilai ekspor Indonesia pada tahun 2017 tidak mengalami banyak perubahan dari tahun ini atau flat.

Hal itu disampaikan Thomas Lembong dalam kata sambutan pada acara Penandatanganan Pedoman Kerja antara BKPM dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tentang Koordinasi Perlindungan dan Keamanan Bagi Dunia Usaha untuk mendukung kegiatan investasi di Indonesia, di kantor BKPM, Jakarta, hari Senin (19/9).

Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) itu memperkirakan ekspor Indonesia hingga akhir tahun ini akan mengalami penurunan.

“Mungkin tahun ini menurun tujuh sampai sembilan persen. Untuk tahun depan paling bagus yang bisa kita harapkan flat (tidak ada perubahan), moga-moga tidak lagi turun lagi,” kata Tom Lembong, sapaan akrabnya.

“Ekspor masih lesu, dan sebagai mantan Mendag, saya bisa dengan sangat menjiwai, menyampaikan bahwa tahun lalu ekspor kita mengalami penurunan 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini prediksi saya masih juga penurunan, tapi moga-moga laju penurunannya melamban,” kata Tom.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat total nilai ekspor Indonesia pada 2015 sebesar US$ 150,3 miliar. Sedangkan pada 2014 total nilai ekspor Indonesia sebesar US$ 175,9 miliar. Sementara nilai ekspor Indonesia tahun 2016 hingga bulan Agustus baru mencapai US$ 91,73 miliar.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home