Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:26 WIB | Senin, 14 September 2015

Kepala Keamanan Suriah Bertemu Presiden Mesir

Ali Mamlouk disebutkan terkait perencanaan serangan bom di Lebanon. (Foto: dari Al Araby Al Jadeed)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Kepala Biro Keamanan Nasional Suriah, Ali Mamlouk, mengunjungi Kairo, Mesir, bulan lalu. Demikian diberitakan surat kabar Lebanon yang dekat dengan kelompok Hizbullah dan pemerintah Suriah, Al-Akhbar.

Berita yang dikutip situs Al Araby Al Jadeed itu mengatakan bahwa Mamlouk bertemu dengan Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, pejabat militer, intelijen dan keamanan senior lainnya di Mesir.

Al-Akhbar, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan kedua negara membahas cara-cara untuk meningkatkan koordinasi keamanan untuk menghadapi "terorisme" dan menemukan solusi politik untuk konflik di Suriah.

Sumber tersebut mengatakan bahwa Mamlouk menyerukan peran yang lebih besar oleh Kairo dalam menyelesaikan konflik Suriah. Kedua negara juga sepakat mengaktifkan hubungan bilateral dan memulihkan kedutaannya.

Pemerintah Presiden Mohammed Morsi dari Ikhwanul Muslimin yang digulingkan merupakan pendukung setia oposisi Suriah. Pemerintahnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Damaskus pada Juni 2013.

Al-Akhbar mengklaim bahwa Mamlouk juga baru saja mengunjungi Oman untuk mencari upaya mediasi untuk menyelesaikan konflik Suriah.

Oman sebelumnya menjadi tuan rumah pembicaraan rahasia antara Amerika Serikat dan Iran, dan saat ini menjadi tuan rumah pembicaraan penyelesaian konflik Yaman.

Pada bulan Agustus, Al-Akhbar juga melaporkan bahwa Mamlouk mengunjungi Arab Saudi, di mana dia dilaporkan bertemu dengan Deputi Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, untuk membahas kemungkinan solusi untuk mengakhiri konflik.

Arab Saudi tidak membenarkan atau membantah kunjungan yang tidak biasa itu, tetapi secara luas diyakini telah terjadi.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home