Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:15 WIB | Selasa, 26 Desember 2023

Kepala Perusahaan Luar Angkasa Rusia Ditangkap, Dituduh Menipu

Seorang petugas polisi menjaga Lapangan Merah yang tertutup di Moskow, Rusia, 24 Juni 2023. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Yevgeny Fomichev, kepala perusahaan yang membuat sistem navigasi untuk program luar angkasa Rusia, ditangkap di Moskow dan didakwa melakukan penipuan besar-besaran, kantor berita negara melaporkan pada hari Jumat (22/10).

Kantor berita TASS mengutip seorang pejabat penegak hukum yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa Fomichev telah ditangkap, diinterogasi dan didakwa melakukan penipuan skala besar, yang berpotensi dijatuhi hukuman penjara hingga 10 tahun dan denda satu juta rubel (US$ 10.972).

TASS mengatakan Komite Investigasi Rusia, yang menangani kejahatan berat, telah meminta pengadilan Basmanny Moskow untuk menahan Fomichev dalam tahanan pra sidang selama dua bulan.

Fomichev adalah kepala NPP Geophysics-Cosmos, sebuah perusahaan yang situs webnya mengatakan mereka memproduksi “perangkat orientasi dan navigasi elektronik optik untuk pesawat ruang angkasa.” Dikatakan bahwa hampir semua pesawat ruang angkasa Rusia menggunakan peralatannya.

Program luar angkasa Rusia mengalami kemunduran besar pada bulan Agustus ketika pesawat luar angkasa Luna-25 menabrak permukaan bulan saat mencoba mendarat di sana.

Investigasi menyalahkan kerusakan pada unit kendali di dalam pesawat sebagai penyebab kegagalan misi bulan pertama Rusia selama 47 tahun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home