Loading...
MEDIA
Penulis: Kris Hidayat 14:42 WIB | Selasa, 26 Agustus 2014

Kepentingan Media dan Industri Media Kerap Berbenturan

Para pekerja jurnalistik tengah melakukan unjuk rasa. (Foto: Antara/Irsan Mulyadi)

MAKASSAR, SATUHARAPAN.COM - Peran media dalam mencerahkan masyarakat kerap berbenturan dengan kepentingan industri media.

"Kondisi ini kerap terjadi di era kekinian dalam perkembangan pers, termasuk Indonesia," kata Wakil Pimred Tribun Timur Tamzil Thahir disela-sela Focus Group Discussion Otoritas Jasa Keuangan dan wartawan di Wakatobi, Sultra, Selasa (26/8).

Menurut dia, peran media yang melakukan pencerahan bagi masyarakat dalam menjalankan fungsi utamanya yakni memberikan informasi maupun kontrol sosial, tidak dapat memungkiri harus berbenturan dengan kepentingan perusahaan.

Disisi lain, media sendiri juga harus tetap dapat hidup atau membiayai dirinya, agar dapat tetap beroperasi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Belum lagi pelaku media bekerja dengan real-time, deadline ketat dan kerja industri media berorientasi hasil. Dan hasil itu harus tersaji untuk audiens yang spesifik setiap hari, jam bahkan sekarang dengan kemajuan teknologi internet, SMS," katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, ujar dia, diakui bisa saja terjadi kekeliruan belum lagi industri dan kompetensi media saat ini makin ketat.

Implikasi dari kondisi itu, lanjut dia, kapitalisme memeras keterampilan, pengetahuan, jurnalis, menyita hidup jurnalis, dan terkadang mengabaikan sisi humanis jurnalisnya.

"Maklum jika kami yang berada di pers memang melakukan sejumlah kesalahan dan itu bisa jadi mengerikan dan fatal, karena itu kami sangat dituntut melakukan kehati-hatian," kata Tamzil. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home