Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:30 WIB | Kamis, 20 April 2023

Kerangka Fosil T-rex Terjual di Lelang Seharga Rp 93 Miliar

Kerangka T-Rex berusia 67 juta tahun bernama TRX-293 TRINITY Tyrannosaurus dan berukuran panjang 11,6 meter dan tinggi 3,9 meter, terlihat selama pratinjau di rumah lelang Koller di Zurich, Swiss, 29 Maret 2023. (Foto: dok. Reuters)

ZURICH, SATUHARAPAN.COM-Kerangka Tyrannosaurus rex (T-rex) berusia 67 juta tahun telah dijual seharga US$ 6,2 juta (setara Rp 93 miliar) di Swiss, menurut laporan dari BBC.

Penyiar Inggris mengatakan kerangka dinosaurus itu memiliki panjang lebih dari 11 meter dan tinggi hampir empat meter dalam laporannya pada hari Selasa (18/4). Ini adalah pertama kalinya T-rex dilelang di Eropa.

T-rex dijuluki 293 Trinity karena terdiri dari 293 tulang terpisah dari tiga situs dinosaurus berbeda di Amerika Serikat di Montana dan Wyoming.

Sebagian besar kerangka dinosaurus yang dilelang terdiri dari sebagian gips atau tulang pengganti, tetapi persentase tulang asli yang relatif tinggi adalah Trinity 293.

“Hanya ada 20 atau 30 kerangka T-rex yang baik di dunia, dan ini adalah salah satu yang lebih besar dan lebih baik,” kata Dr. Hans-Jacob Siber dari Museum Dinosaurus Aathal di Swiss dalam sebuah wawancara di situs web perusahaan.

Siber menggambarkan kerangka itu, yang dijual di rumah lelang Koller di Zurich di utara Swiss, sebagai “binatang istimewa.”

Seorang individu pribadi membeli kerangka T-rex dan akan menyimpannya di Eropa, menurut juru bicara rumah lelang, kata BBC.

Menurut BBC, rumah lelang Koller berharap itu akan dipajang untuk umum, tetapi pada tahap ini tidak jelas apa rencana pemiliknya.

Baru tahun lalu kerangka dinosaurus yang sama diperkirakan akan dilelang hingga US$25 juta (setara Rp 375 miliar) sebelum ditarik setelah muncul keraguan tentang dari mana bagian-bagiannya berasal, kata BBC.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home