Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:17 WIB | Selasa, 28 Januari 2014

Ketua Kontingen AS Olimpiade Musim Dingin Mengaku Gay

Brian Boitano (foto dari nypost.com)

SAN JOSE, SATUHARAPAN.COM – Atlet figure skating (seluncur es), dan legenda olimpiade, Brian Boitano menyatakan diri sebagai gay pada Minggu (19/1) silam, hal ini dia kemukakan menjelang Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia.

“Saya menginginkan orang mengerti saya dengan prestasi, dan kontribusi saya bagi negara,” kata Brian.

Brian Boitano bangga di dalam arena publik dapat mewakili Amerika Serikat (AS).

“Saya selalu senang menjadi bagian AS, dan tetap dapat menyisihkan waktu untuk keluarga saya,” lanjut Brian.   

Brian mendefinisikan bahwa dia dapat mendefinisikan diri dengan banyak fungsi sebagai anak, sebagai saudara, paman, teman, penulis, tukang masak.

“Menjadi gay hanyalah salah satu bagian dalam diriku, apapun keadaanku sekarang aku tetaplah atlet Amerika, dan saya bangga tinggal di negara yang mengedepankan keberagaman, keterbukaan dan toleransi. Sebagai seorang atlet, saya senantiasa berharap saya dapat fokus dalam spirit olimpiade yang mengagungkan prestasi masing-masing orang, dan dari berbagai bangsa,” lanjut Brian.

Presiden AS, Barrack Obama menunjuk Brian sebagai ketua kontingen AS pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia yang akan digelar pada (7/2) mendatang.

Brian akan ditemani sesama atlet gay pada saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2014, Billie Jean King dan atlet hoki es, Caitlin Cahow.

Pengiriman atlet gay oleh Obama dilihat sebagai pesan AS bagi Rusia yang melarang kaum homoseksual dalam segala sektor kehidupan. Banyak negara yang memboikot Sochi 2014 karena alasan ini.

Boitano merebut medali emas pada Olimpiade Musim Dingin 1988. Boitano memiliki jaringan industri makanan yang bernama What Would Brian Boitano Make ? (apa yang akan dimasak Brian Boitano?), jaringan tersebut tampil di film “Blades of Glory pada 2007.

Brian Boitano merupakan atlet seluncur es kelahiran 1963. Boitano merebut medali emas pada Olimpiade Musim Dingin 1988, dan pada 1986, 1988 meraih gelar juara dunia pada kejuaraan dunia seluncur es.

Boitano merupakan anggota tim nasional seluncur es Amerika Serikat pada 1985 – 1988. Dia beralih menjadi atlet profesional pada 1988, akan tetapi pada Olimpiade Musim Dingin 1994 dia hanya menempati peringkat keenam.  (huffingtonpost.com/ themorningjournal.com/cbsnews.com)  

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home