Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 10:14 WIB | Senin, 21 September 2015

Khotbah Paus di Kuba: Jangan Menghakimi Tetangga

Paus Fransiskus bertemu dengan mantan Presiden Kuba, Fidel Castro di Havana (Foto: AFP)

HAVANA, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus berkotbah di hadapan puluhan ribu umat yang memadati Lapangan Revolusi di ibukota Kuba itu.

“Umat Kristen selalu diimbau agar mengesampingkan niat dan kehendak sendiri, keinginan berkuasa dan sebaliknya memusatkan perhatian pada orang-orang paling rentan,” katanya. “Kita semua diminta, bahkan didesak, oleh Yesus agar saling mengasihi dan tidak menghakimi tetangga kita.”

Paus mengatakan bahwa pelayanan tidak berarti menjadi 'budak' atau ideologis, "karena kita tidak melayani ide, tetapi melayani orang."

Paus juga singgah ke rumah mantan diktator Kuba Fidel Castro di Havana. Didampingi keluarga Castro, kedua orang itu bertemu dalam apa yang disebut Vatikan “suasana yang sangat informal dan ramah.” Mereka juga bertukar hadiah buku.

Paus juga dijadwalkan bertemu Presiden Raul Castro, adik Fidel, melangsungkan doa malam dengan sejumlah pendeta dan berbicara dihadapan kaum muda disebuah pusat kebudayaan.

Paus dan Vatikan ikut berperan dalam negosiasi berbulan-bulan antara Kuba dan Amerika tahun lalu, yang menghasilkan normalisasi hubungan diplomatik kedua negara setelah 53 tahun. Amerika dan Kuba telah membuka lagi kedutaan besar mereka di Havana dan Washington.

Ini adalah kunjungan ketiga seorang paus ke Kuba sejak Paus Yohanes Paulus tahun 1998 dan Paus Benediktus tahun 2012.

Dari Kuba, Fransiskus akan menuju Amerika dimana ia dijadwalkan bertemu Presiden Barack Obama, berpidato di hadapan Kongres dan berbicara dalam sidang tahunan Majelis Umum PBB di New York. (voaindonesia)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home