Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:39 WIB | Selasa, 05 Agustus 2014

Kiat Memilih Tempat Penitipan Anak

Dua anak bermain di suatu Tempat Penitipan Anak. (Ilustrasi foto: antaranews.com)

SATUHARAPAN.COM – Lebaran lewat, namun pembantu rumah tangga tak juga kunjung kembali. Keadaan seperti itu sudah menjadi persoalan jamak di kota-kota besar. Ketiadaan pembantu rumah tangga acap memaksa orangtua membawa anak ke tempat kerja. 

Di salah satu ruang kerja di sebuah perusahaan penerbitan, Wulan (bukan nama sebenarnya), membawa serta anak perempuannya yang baru berusia 4 tahun. Ia terpaksa membawa anak gadisnya itu, sejak pembantu rumah tangga pulang dua minggu sebelum Lebaran lalu, dan hingga kini belum kembali.  

Di sela-sela pekerjaannya, Wulan membagi perhatian dengan putrinya, menyiapkan makan pada jam makan dan membereskan peralatan makan. Beruntung Sekar, putrinya, bukan anak yang rewel, senang bermain sendiri dengan asyik.

Mengatasi dilema orangtua bekerja, psikolog Evita Adnan, staf pengajar di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, seperti dikutip tempo.co, menawarkan beberapa solusi alternatif, antara lain mencari mencari orang tua pengganti atau babysitter, atau  membawa anak ke tempat penitipan anak (TPA).

TPA, seperti bisa dibaca di duniabalita.com, adalah sarana pengasuhan anak dalam kelompok, yang membantu dalam pengasuhan dan pendidikan anak, dengan pola menggabungkan, antara pengembangan bahasa anak, pengembangan jiwa sosial dan psikomotorik, kemandirian, dan keterampilan dalam suasana ceria.

TPA yang baik, berorientasi pada kebutuhan anak, sesuai dengan perkembangan anak, sesuai dengan keunikan setiap individu, kegiatan belajar dilakukan melalui bermain, pembelajaran dilakukan dengan cara menyenangkan.

TPA memberikan efek positif menjadikan anak mampu bersosialisasi dengan baik, meningkatkan keterampilan dalam membaca dan berhitung, mengurangi dampak kontaminasi media televisi, menstimulasi nilai-nilai positif, baik kognitif, emosi, dan psikomotorik, misalnya melalui kegiatan story telling, eksplorasi bermain, permainan-permainan, melatih kemandirian seperti belajar makan sendiri hingga belajar mengenakan sepatu dan pakaian sendiri.

Kriteria Pas Memilih TPA

- TPA (daycare) yang dekat dengan kantor atau pusat aktivitas pekerjaan sehari-hari. Jika bekerja secara mobil, banyak berpindah tempat, lebih baik mempertimbangkan TPA dekat rumah.

- TPA yang bersih dan nyaman, tersedia ruang istirahat khusus dan ruang aktivitas lumayan luas.

- TPA yang baik biasanya memberikan laporan harian dengan detail, rutin, dan konsisten.

- TPA, harus memiliki  izin operasi  dan tenaga ahli yang mendukung (dokter  anak, psikolog anak, dan lain-lain), memiliki reputasi dan sudah dikenal.

- Menanyakan rasio pengasuh dengan anak. Idealnya, anak-anak yang belum bisa berjalan diasuh oleh pengasuh dengan rasio 1:1, 1 anak diasuh 1 pengasuh. Untuk balita, biasanya rasio 1:2, 1 pengasuh mengurus dan mengawasi 2 anak.

- Pastikan lokasi TPA aman, dilengkapi pagar dan tidak terletak langsung di pinggir jalan besar. Jika menggunakan bangunan dua lantai, pastikan ada pembatas dan pagar di ujung tangga. Cek koneksi listrik, apakah cukup aman bagi si kecil yang sedang suka mengeksplorasi hal baru.

- Mempunyai peraturan, kebijakan tertulis seperti jam operasional, walaupun waktu masih bisa agak fleksibel kalau telat menjemput atau mengantarnya.

- Makanan terjamin, karena dengan tenaga profesional tadi sudah terstruktur pula pemenuhan nutrisi anak selama berada di lingkungan daycare.

- Memiliki kurikulum, dan memiliki kegiatan dengan jadwal yang terstruktur seperti aktivitas kelompok dan individu, waktu makan, waktu membaca, dan waktu bermain bebas.

Tempat-tempat Penitipan Anak  di Jakarta

- Daycare Unilever, PT Unilever Indonesia, Graha Unilever, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15 Jakarta 12930 

- TPA Harapan Ibu Jl Salemba Raya No 28 Departemen Sosial Jakarta Pusat, Telepon: (021) 3103591, (021) 3106552 Ext 221

- TPA Pertiwi, Jl Ir H Juanda No 3/31 Jakarta Pusat, Telepon: 3844301

- TPA SYLVA Gedung Manggala Wana Bhakti Lt 1 Blok 7 Jl Gatot Subroto Jakarta Pusat, Telepon: (021) 5720188

- Casa Rossa, Jl Kemang Timur Raya No 28, Jakarta Selatan, Telepon: (021)71793201

High Reach, Sudirman Park Apartment Tower B Lt 2 Jl KH  Mas Mansyur Kav  35, Jakarta 10220, Telepon: (021) 5794 2800, 5794 2770

Sasana Bina Balita Jl Kuningan Timur Blok M/2, Jakarta, Telepon: (021) 5204277

- TPA Tat Twam Asi Jl Kecubung V/3, Duren Sawit, Jakarta Timur, Telepon: (021) 8626358

TPA Pestalozzi Komp Bukit Permai, Jl Bromo/Taroman Blok R/6, Cibubur, Telepon: (021) 8716894

TPA Teratai Jl H Moeljadi Djojomartono, Bekasi, Telepon: (021) 8800547

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home