Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:15 WIB | Selasa, 11 Agustus 2015

KKP Luncurkan Inovasi Perikanan Berbasis Teknologi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Gedung Mina Bahari III Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, Selasa (11/8). (Foto: Diah A.R)
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan beberapa produk inovasi berbasis teknologi di bidang perikanan dan kelautan. Peluncuran ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke 20 yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.
 
"Harteknas 2015 menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan hasil penelitian dan pengembangan kelautan dan perikanan yang inovatif guna kepentingan masyarakat," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Gedung Mina Bahari III Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, Selasa (11/8).
 
Produk-produk inovasi yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) itu di antaranya adalah e-Log Book, e-observer (e-borang), Sistem Informasi Nelayan Pintar dan Sistem Informasi Garam Rakyat.
 
E-Log Book merupakan aplikasi pengganti formulir log book konvensional sehingga penggunaannya lebih mudah, cepat dan akurat. 
 
Sedangkan e-observer (e-borang)  adalah aplikasi yang digunakan observer perikanan untuk mengisi data penangkapan ikan secara elektronik sehingga memudahkan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP dalam memperoleh data penangkapan ikan secara cepat dan akurat.
 
Kemudian Sistem Informasi Nelayan Pintar merupakan aplikasi berbasis android dengan mengintegrasikan informasi harga ikan, PPDI, cuaca dan dinamika laut. Sedangkan Sistem Informasi Garam Rakyat merupakan sistem berbasis website yang menyajikan informasi produksi garam rakyat yang mampu menampung data garam seluruh Indonesia dan memberikan laporan serta rekapitulasi data kelompok Pemberdayaan Usaha Garam (Pugar) di seluruh Indonesia.
 
Dalam kesempatan tersebut, KKP juga telah melakukan pelepasan beberapa jenis ikan hasil rekayasa beberapa balai di bawah Balitbang KP. Di antaranya adalah komoditas ikan lele mutiara, ikan gabus haruan, ikan gurami batanghari, ikan mas mantap dan udang galah siratu.
 
Kemudian, Balitbang KP juga menerbitkan buku Rekomendasi Teknologi Kelautan dan Perikanan 2014. Buku itu sebagai acuan para penyuluh perikanan di lapangan dalam menyebarkan inovasi dan teknologi kepada masyarakat kelautan dan perikanan. 
 
"Saya harap agar Balitbang KP meningkatkan peran nyata dalam mendukung pembangunan kelautan dan perikanan," kata dia.
 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home