Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 16:53 WIB | Senin, 28 Oktober 2013

Kontribusi LIPI untuk Masyarakat lewat Iptekda

Kantor LIPI. (Foto: lipi.go.id)

MUARO JAMBI, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan press tour ke Jambi, 27 – 28 Oktober, untuk meninjau pelaksanaan Iptek untuk Daerah (Iptekda).  LIPI menginisiasi program Iptekda yang menyasar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah di seluruh Indonesia melalui kegiatan penerapan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Di Jambi, LIPI bekerja sama dengan Universitas Jambi melaksanakan program yang diinisiasi sejak 1998 tersebut di Desa Kebon IX dan Desa Pondok Meja di Kabupaten Muaro Jambi.

Di Kebon IX, LIPI dan Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Jambi mengenalkan penerapan manajemen usaha kecil menengah dan penggunaan teknologi tepat guna pada industri batu bata. Lewat introduksi teknologi berupa mesin molen dan dapur pembakaran permanen, produksi batu bata meningkatkan produksi dari 20 ribu batu bata per bulan menjadi 50 ribu batu bata per bulan.

Pemakaian dapur permanen untuk pembakaran bata, juga mampu menghemat jumlah kayu bakar yang diperlukan. Proses pembakarannya lebih cepat, dan yang paling penting dapur tidak mudah roboh, lebih nyaman bagi pekerja bila dibandingkan dengan dapur sistem bongkar pasang.

Di Pondok Meja, LIPI dan Fakultas Peternakan Universitas Jambi sejak 2011 berhasil mengajak peternak kambing menambah populasi ternak kambing bermutu tinggi melalui aplikasi manajemen pembibitan dan reproduksi ternak untuk menciptakan kawasan Village Breeding Center.

 

Peternakan Kambing

Desa Pondok Meja, 16km dari pusat kota Jambi, sejak lama mengintegrasikan usaha peternakan kambing dengan usaha perkebunan karet. Selain daun karet yang sangat potensial sebagai sumber hijauan pakan kambing, area perkebunan karet juga menyediakan sumber pakan lain seperti rumput dan kacang-kacangan yang baik kualitasnya.

Melalui program gaduhan calon induk kambing, program Iptekda LIPI berhasil menyadarkan peternak akan pentingnya penerapan manajemen pembibitan ternak untuk menghasilkan bibit ternak kambing bermutu serta mendukung keberhasilan jangka panjang.

“Iptekda LIPI adalah salah satu usaha untuk menjawab tantangan utama sebagai lembaga penelitian, yakni memberi solusi ilmiah yang riil bagi permasalahan-permasalahan masyarakat,” demikian kata Wakil Kepala LIPI Dr Djusman Sajuti. (lipi.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home