Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:13 WIB | Sabtu, 11 Februari 2023

Konvoi Bantuan PBB Memasuki Wilayah Suriah Yang Dilanda Gempa Bumi

Truk yang membawa bantuan kemanusiaan terlihat di perlintasan perbatasan Bab al Hawa dengan Turki, Suriah, pada hari Kamis, 9 Februari 2023. (Foto: Reuters)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM - Sebuah konvoi bantuan mencapai Suriah barat laut yang dikuasai oposisi pada hari Kamis (9/2), yang pertama sejak gempa dahsyat yang telah menewaskan ribuan orang, kata seorang pejabat di perbatasan Bab al-Hawa.

Gempa berkekuatan 7,8 pada Senin pagi telah menewaskan lebih dari 20.000 orang di Turki dan Suriah yang dilanda perang, menurut pejabat dan petugas medis di kedua negara, meratakan seluruh lingkungan.

“Konvoi bantuan PBB pertama masuk hari ini,” kata Mazen Alloush, petugas media di persimpangan. Seorang koresponden AFP melihat enam truk melewati penyeberangan dari Turki, membawa tenda dan produk kebersihan.

Alloush mencatat pengiriman telah diharapkan sebelum terjadi gempa pada hari Senin, tetapi mengatakan: "Itu dapat dianggap sebagai tanggapan awal dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dan itu harus diikuti, seperti yang dijanjikan kepada kami, dengan konvoi yang lebih besar untuk membantu rakyat kami."

Mekanisme pengiriman bantuan dari Turki ke Suriah yang dikuasai oposisi melalui perlintasan Bab al-Hawa adalah satu-satunya cara bantuan PBB dapat menjangkau warga sipil tanpa melewati wilayah yang dikuasai oleh pasukan pemerintah Suriah.

Sementara penyeberangan itu sendiri tidak terpengaruh oleh gempa, jalan menuju ke sana rusak, untuk sementara mengganggu operasi, kata seorang juru bicara PBB pada hari Selasa.

Utusan khusus PBB, Geir Pederson, mengatakan pada hari Kamis bahwa tanggap darurat di Suriah tidak boleh dipolitisasi setelah “salah satu gempa bumi paling dahsyat yang pernah terjadi di kawasan itu dalam sekitar satu abad.”

Dia mengatakan kepada wartawan di Jenewa, Swiss, bahwa PBB telah "diyakinkan hari ini bahwa kami akan dapat menerima bantuan pertama hari ini."

Pesawat yang membawa bantuan dari Uni Emirat Arab, Rusia, Iran dan negara-negara lain telah mendarat sejak hari Senin di bandara yang dikendalikan pemerintah Suriah di Damaskus, Aleppo dan Latakia.

Tim penyelamat telah mencari korban yang masih terjebak di bawah reruntuhan. Kelompok penyelamat White Helmets, yang beroperasi di daerah-daerah yang dikuasai oposisi di Suriah, telah meminta bantuan internasional dalam “perlombaan melawan waktu” mereka.

Koordinator PBB penduduk Suriah, El-Mostafa Benlamlih, mengatakan kepada AFP pada hari Rabu bahwa tidak ada pengiriman baru bantuan kemanusiaan yang dikirim ke barat laut yang dikuasai pemberontak dari dalam Suriah dalam waktu sekitar tiga pekan.

Dia mengatakan PBB memiliki beberapa persediaan di daerah tersebut - cukup untuk memberi makan 100.000 orang selama satu pekan.

Berbicara dari Damaskus, Benlamlih mengatakan kehancuran di provinsi-provinsi yang dikuasai pemerintah “sangat besar.”

“Tapi kami juga tahu bahwa kehancuran di barat laut sangat besar dan kami perlu ke sana untuk menilainya.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home