Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:20 WIB | Kamis, 17 Maret 2022

Korsel: Kasus COVID-19, 600.000 Sehari, Tapi Angka Kematian Rendah

Korsel: Kasus COVID-19, 600.000 Sehari, Tapi Angka Kematian Rendah
Warga mengantre untuk menjalani tes penyakit virus corona (COVID-19) di tempat pengujian yang sementara didirikan di pusat kesehatan masyarakat di Seoul, Korea Selatan, 24 Februari 2022. (Foto-foto: Reuters)
Korsel: Kasus COVID-19, 600.000 Sehari, Tapi Angka Kematian Rendah
Seorang pria yang mendapat dosis Vaksin penyakit coronavirus (COVID-19) Pfizer-BioNTech meninggalkan pusat vaksinasi COVID-19 pada hari terakhir operasinya di Seoul, Korea Selatan, 29 Oktober 2021.

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Korea Selatan telah mencapai dua tonggak pandemi yang tampaknya kontradiktif: mencatat lebih dari 600.000 kasus infeksi COVID-19 baru pada hari Kamis (17/3), terbanyak di mana pun di dunia. Pada saat yang sama, negara ini memiliki salah satu tingkat kematian virus terendah secara global.

Sementara di tempat lain lonjakan infeksi sebesar ini akan menandakan wabah yang tidak terkendali segera diikuti oleh lonjakan kematian, di Korea Selatan, gambarannya lebih kompleks.

Beban kasus yang sangat tinggi mencerminkan penyebaran pengujian massal yang konsisten di negara itu, sebagian besar ditinggalkan oleh banyak tempat karena COVID-19 menjadi endemik, tetapi itulah alasan utama di balik penurunan angka kematian Korea, menurut para pejuang virusnya.

Melanjutkan diagnosis resmi sebagian besar infeksi memungkinkan Korea Selatan untuk mengidentifikasi kasus berisiko dan merawat pasien tersebut terlebih dahulu sebelum kondisinya menjadi parah.

Dikombinasikan dengan tingkat vaksinasi 88 persen, dan salah satu pengambilan suntikan booster tertinggi di dunia, terutama di kalangan orang tua, ini menghasilkan tingkat kematian hanya 0,14 persen.

Itu sepersepuluh dari tingkat di kematian di Amerika Serikat dan Inggris, dan turun dari 0,88 persen dua bulan lalu, bahkan ketika kasus melonjak delapan puluh kali lipat dalam jangka waktu yang sama.

Pendekatan yang tidak ortodoks adalah tipikal respons Korea Selatan terhadap pandemi, yang telah diketahui sejak awal. Negara ini memelopori penggunaan pengujian cepat dan pelacakan kontak berteknologi tinggi sejak dini, menggunakan pelajaran dari epidemi sebelumnya.

Lebih dari Delapan Juta Kasus

Meskipun terlihat lebih dari delapan juta kasus sejak awal tahun 2020, Korea tidak pernah mengunci dan berhasil mengatasi awal yang lambat untuk vaksinasi dengan melihat melampaui suntikan pertama untuk memprioritaskan pasokan booster, yang ditargetkan pada orang tua.

Fokus pada pengujian itu mahal. Negara ini telah menghabiskan sekitar US$ 1,3 miliar untuk pengujian PCR sejauh ini, kata Badan Pengendalian & Pencegahan Penyakit Korea Selatan dan sekarang memiliki kapasitas untuk melakukan satu juta tes PCR sehari.

Tetapi hasilnya tidak terukur, kata pejabat pemerintah, karena rumah sakit belum kewalahan dan sistem perawatan kesehatan masih utuh.

Meskipun kasus harian melonjak menjadi 621.328 pada hari Kamis (17/3), sementara sebelumnya kurang dari 9.000 sebelum munculnya varian Omicron pada akhir Januari, rawat inap hanya dua kali lipat, dengan kapasitas unit perawatan intensif sebesar 65 persen.

“Titik kritis lainnya dalam mencegah kematian adalah kapasitas ICU dan rumah sakit Korea Selatan umumnya memiliki penanganan yang baik terhadap situasi tersebut,” kata Choi Jae-wook, profesor kedokteran pencegahan di Korea University College of Medicine.

Sekarang, terlepas dari beban kasus terkemuka di dunia, penurunan tingkat kematian membuat pemerintah mempertimbangkan pelonggaran lebih lanjut dari pembatasan pandemi, termasuk mencabut batasan enam orang pada pertemuan pribadi dan memperpanjang jam buka restoran.

Pejabat kesehatan Korea Selatan mengatakan mereka lebih siap untuk menghadapi pasang surut pandemi virus corona sebagian karena pelajaran yang dipetik selama penanganan wabah Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) yang gagal pada tahun 2015. Di antara pelajaran utama, tetap gesit dan merespon dengan cepat.

Memvaksinasi Lansia

Pada saat yang sama, Korea meningkatkan peluncuran vaksinnya setelah awalnya tertinggal, memusatkan perhatian khusus untuk mendapatkan orang tua dan orang yang berisiko tinggi untuk disuntik. Hampir 86 persen populasi telah divaksinasi penuh ketika Omicron mulai menyebar, dengan lebih dari 90 persen dari mereka yang berusia 60 tahun ke atas.

“Angka kematian mendekati nol di antara mereka yang berusia 60 tahun ke bawah yang telah menyelesaikan vaksinasi ketiga,” kata Park Hyang, direktur jenderal departemen manajemen pencegahan dan respons anti-epidemi kementerian kesehatan, mengatakan pada briefing pekan ini.

Sebagian besar kematian terjadi di antara kelompok kecil lansia yang belum divaksinasi. Mereka yang berusia 60 tahun ke atas yang tidak disuntik sepuluh kali lebih mungkin meninggal daripada mereka yang mendapat booster, katanya.

Tetapi meskipun tingkat kematian menurun, Choi di Fakultas Kedokteran Universitas Korea memperingatkan agar tidak mencabut pembatasan sosial dan pembatasan pandemi lainnya terlalu cepat.

Negara-negara lain, termasuk AS dan Inggris, mengabaikan pembatasan karena populasi menjadi lebih nyaman hidup bersama COVID-19, bahkan ketika beban kasus dan kematian mereka meningkat lagi.

“Melonggarkan langkah-langkah pencegahan virus sekarang pasti akan menyebabkan lebih banyak kematian dan kasus kritis, dan pemerintah seharusnya tidak menjadi pihak yang menilai bahwa ini baik-baik saja hanya karena ada cukup tempat tidur ICU,” kata Choi. “Mereka harus memberi tahu dan menyampaikan tindakan pencegahan terlebih dahulu kepada publik.” (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home