Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:45 WIB | Kamis, 17 Maret 2022

Gempa Bumi 7,4 Guncang Fukushima, Jepang, Ribuan Rumah Tanpa Listrik

Gempa Bumi 7,4 Guncang Fukushima, Jepang, Ribuan Rumah Tanpa Listrik
Sebuah bangunan yang rusak akibat gempa kuat terlihat di Soma, Prefektur Fukushima, Jepang dalam foto yang diambil oleh Kyodo pada 17 Maret 2022. (Foto: via Reuters)
Gempa Bumi 7,4 Guncang Fukushima, Jepang, Ribuan Rumah Tanpa Listrik
Orang-orang mengantre untuk menerima air setelah gempa kuat di Kunimi, Prefektur Fukushima, Jepang dalam foto yang diambil oleh Kyodo pada 17 Maret 2022. (Foto: via Reuters)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Puluhan ribu rumah tangga Jepang tanpa listrik pada Kamis (17/3) pagi setelah gempa berkekuatan 7,4 melanda wilayah Fukushima itu tak lama sebelum tengah malam. Ini menyebabkan wilayah timur laut Jepang ke dalam kegelapan, memutuskan jaringan transportasi utama dan gempa menewaskan empat orang.

Perusahaan termasuk Toyota Motor Corp dan pembuat chip Renesas Electronics Corp berusaha untuk menilai dampaknya, dengan gangguan rantai pasokan yang cenderung menambah tekanan pada output global smartphone, elektronik, dan mobil.

Guncangan itu menghidupkan kembali ingatan akan gempa terbesar di Jepang, berkekuatan 9,1, yang terjadi pada 11 Maret 2011 di daerah yang sama dan yang mencakup prefektur Fukushima dan pembangkit listrik tenaga nuklir yang lumpuh akibat tsunami dan kehancuran. Itu membuat layanan kereta peluru Shinkansen ditangguhkan tanpa batas waktu, dan setidaknya satu jalan raya utama ke wilayah itu ditutup untuk pemeriksaan keamanan.

“Yang ini terasa berbeda (dengan gempa 2011), sangat besar. Saya harus berpegangan pada sesuatu untuk tetap tegak,” kata Aoi Hoshino, yang memiliki bar di Fukushima dan memiliki pelanggan saat gempa terjadi.

Salah satu pelanggannya mengabaikan getaran awal, tetapi ketika yang terbesar menghantam, dia berdiri dan berteriak, "Ini yang besar!" dia ingat.

Kerusakannya minimal kecuali beberapa gambar berbingkai dan cangkir yang jatuh, berkat rel yang ditambahkan Hoshino ke rak untuk mencegah botol jatuh jika terjadi gempa bumi. "Untuk sementara tangan saya tidak berhenti gemetar," katanya.

Bagian dari fasad bangunan jatuh ke jalan-jalan di beberapa daerah. Tayangan televisi menunjukkan atap runtuh di atas mobil yang diparkir, hancur dan pekerja memeriksa jalan raya yang retak.

Sekitar 300 kilometer (186 mil) selatan Fukushima, wilayah ibu kota Tokyo kehilangan listrik segera setelah gempa, meskipun sebagian besar pulih dalam waktu tiga jam.

Tetapi sekitar 5.775 rumah tangga yang dilayani oleh Tohoku Electric Power Co Inc di timur laut tetap tanpa listrik pada siang hari waktu setempat (03:00 GMT) pada hari Kamis, meskipun perusahaan mengatakan mereka memperkirakan sebagian besar pasokan akan pulih di kemudian hari.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan empat orang tewas dan pemerintah akan waspada terhadap kemungkinan gempa kuat lebih lanjut selama dua sampai tiga hari ke depan.

Sedikitnya 107 orang dilaporkan terluka, beberapa serius, dengan 4.300 rumah tangga juga masih tanpa air pada pagi hari. Warga salah satu kota Fukushima mengantre panjang untuk mengisi tangki plastik dengan air untuk digunakan di rumah. Renesas, pemasok utama chip otomotif, mengatakan telah menangguhkan produksi di dua pabrik semikonduktor dan sebagian menghentikan produksi di pabrik ketiga.

Pabrik Naka di prefektur Ibaraki di utara Tokyo, yang memasok semikonduktor ke perusahaan otomotif di seluruh dunia harus membatasi produksi karena kekurangan chip akibat gangguan terkait COVID-19.

Gempa tersebut, awalnya diukur pada magnitudo 7,3 tetapi kemudian direvisi menjadi 7,4 oleh Badan Meteorologi Jepang, terjadi pada pukul 11:36 malam.waktu setempat (14:00 GMT) di lepas pantai prefektur Fukushima pada kedalaman 60 kilometer. Gempa dan tsunami sedalam 29 kilometer tahun 2011 di lepas pantai Fukushima, yang diperingati di seluruh negeri kurang dari sepekan yang lalu, menewaskan sekitar 18.000 orang.

Peringatan tsunami dikeluarkan tetapi dibatalkan pada Kamis pagi. Beberapa daerah melaporkan kenaikan permukaan laut, tetapi tidak ada kerusakan serius yang segera dilaporkan.

Bencana 2011 juga memicu kehancuran di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi. Tidak ada kelainan yang dilaporkan di setiap pembangkit listrik tenaga nuklir setelah gempa terakhir, meskipun pihak berwenang sebelumnya mengatakan alarm kebakaran telah dipicu di gedung turbin di pembangkit yang lumpuh. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home