Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 00:30 WIB | Rabu, 07 Januari 2015

Korsel: Korut Punya Pengecil Perangkat Nuklir Berteknologi Tinggi

Rudal Taepodong milik Korut. (Foto: yonhapnews.co.kr)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Pertahanan Korea Selatan pada Selasa (6/1) mengatakan bahwa Korea Utara tampaknya sudah mencapai teknologi tingkat “tinggi" yang mampu memperkecil perangkat nuklir agar bisa pas dipasang di ujung rudal balistik yang berpotensi menjangkaui daratan Amerika Serikat.

Kementerian Pertahanan mengeluarkan peringatan itu dalam laporan tahunan tentang program nuklir Korut yang dirilis pada hari Selasa, walaupun para pejabat Kementerian Pertahanan mengatakan Korea Utara yang memiliki nuklir belum menunjukkan kapasitas kemampuan pengecilannya itu.

"Kami tidak memiliki informasi intelejen apakah Korea Utara sudah menyelesaikan program miniaturisasi perangkat nuklirnya. Berdasarkan pengalaman, menguasai teknologi tersebut pada umumnya membutuhkan waktu sekitar dua sampai tujuh tahun. Dan sekarang sudah delapan tahun sejak pertama Korut melakukan uji coba nuklir pertamanya. Jadi jelas untuk kemampuan dalam hulu ledak nuklir kecil akan mencapai tingkat yang signifikan," kata seorang pejabat kementerian.

Pyongyang telah meluncurkan tiga uji coba nuklir, yang terbaru pada Februari 2013.

Kementerian Pertahanan mengatakan Korea Utara mungkin memilikin lebih dari 40 kilogram plutonium untuk senjata dengan mengolah kembali batang bahan bakar nuklir yang sudah habis, dan bahwa Pyongyang sedang menggarap program uranium yang sudah sangat diperkaya. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home