Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 10:42 WIB | Rabu, 07 Januari 2015

Wartawan Cantik Asal Belanda Ditangkap atas Dakwaan Terorisme

Frederike Geerdink. (Foto: en.firatajans.com)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM - Seorang wartawan Belanda yang berbasis di Turki tenggara yang mayoritas penduduknya suku Kurdi pada Selasa (6/1) mengatakan bahwa ia ditangkap atas dakwaan membuat propaganda untuk kelompok teroris.

Frederike Geerdink, perempuan berparas cantik yang bekerja sebagai wartawan untuk media berbahasa Belanda, Turki dan Inggris, menulis di Twitter bahwa ia ditangkap pascapenggeledahan di kediamannya.

Kepolisian antiteror baru saja menggeledah rumah saya, tim yang terdiri dari delapan orang. Mereka membawa saya ke kantor kepolisian sekarang. Dakwaan propaganda untuk kelompok teroris, tulis Geerdink.

Tidak ada konfirmasi mengenai penangkapan tersebut dari pihak berwenang maupun tweet berikutnya dari Geerdink.

Geerdink berbasis di kota Diyarbakir dan mengkhususkan diri dalam menulis berita mengenai masyarakat Kurdi serta kelompok separatis Partai Pekerja Kurdistan (PKK), organisasi terlarang yang dicap sebagi kelompok teroris.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam beberapa pekan terakhir mendapat tekanan atas catatan kebebasan pers di Turki menyusul serangkaian penggerebekan pada Desember silam terhadap media oposisi. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home