Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:55 WIB | Minggu, 11 Oktober 2015

Korut Gelar Parade Militer Peringati HUT ke-70 Partai Pekerja

Liu Yunshan (kiri) dan Pemimpin Korut, Kim Jong UN (kanan) saat menghadiri HUT ke-70 Partai Pekerja Korut hari Sabtu (10/10) di Kim Il Sung Square, Pyongyang. (Foto: xinhuanet.com)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM – Korea Utara (Korut) menggelar parade militer hari Sabtu (10/10) di Kim Il Sung Square, Pyongyang, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Partai Pekerja Korut.  

Pemimpin Korut Kim Jong Un, Sekretaris Partai Pekerja Korut dan Ketua Umum Komisi Pertahanan Nasional Korut mendampingi Kim Jong Un tampil di tribun utama di tengah gemuruh tepuk tangan dan sorak-sorai dari kerumunan rakyat Korut.

Saat memberi kata sambutan, Kim memuji Partai Pekerja Korut sebagai partai yang tak terkalahkan dan mencintai orang-orang, Kim mengatakan Partai Pekerja Korut bertujuan selalu melayani rakyat.

“Partai Pekerja Korut menekankan pada orang-orang muda yang menjanjikan masa depan Korut,  karena partai ini mampu selalu menjaga semangat dan vitalitas melalui tujuh dekade terakhir karena pemuda Korut memenuhi misi mereka di semua sektor,” kata Kim.  

Kim menjanjikan Partai Pekerja akan membuat negara menjadi  yang diperhitungkan dunia, oleh karena itu dibutuhkan komitmen dan  kepercayaan diri untuk bangkit melawan imperialis Amerika Serikat (AS).

Dalam parade tersebut terdapat ratusan anggota partai dan membawa spanduk  berbaris melalui alun-alun, termasuk infantri, kavaleri dan unit mekanik. Kim tersenyum dan memberi hormat pasukan angsa-melangkah besar dan penonton pada upacara yang diyakini sebagai yang terbesar yang pernah parade militer di DPRK.

Seperangkat peralatan militer yang terdiri dari tank, beberapa roket peluncuran dan rudal dengan berbagai jangkauan maksimum digelar sepanjang  parade. Pesawat terbang di udara dan membentuk formasi dengan mengepulkan asap membentuk angka  70 yang menandakan Hari Ulang Tahun ke-70 Partai Pekerja Korut.

Ratusan ribu warga Pyongyang berkumpul di alun-alun, mengelu-elukan partai yang berkuasa dan pemimpin sambil melambaikan karangan bunga.

Beberapa hari sebelumnya, Liu Yunshan, anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok, membuat pernyataan ketika bertemu Kim Yong Nam, Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Korut bahwa akan ada kerja sama yang mendalam antara Partai Pekerja Korut dan Partai Komunis Tiongkok dalam mencapai konsensus untuk membangun kerja sama antar kedua negara.

Tiongkok, kata Liu,  bersedia  bekerja dengan Korut untuk mempertahankan pertukaran informasi bidang budaya, pendidikan dan komunikasi politik.

“Kami sepakat untuk saling mempromosikan kerja sama ekonomi dan perdagangan, meningkatkan  pertukaran individu di bidang pendidikan dan mengintensifkan kerjasama dalam urusan regional dan internasional,” kata dia.  

Liu mengatakan dia senang melihat mendorong perubahan dan prestasi baru yang dibuat oleh Korut di berbagai bidang. (xinhuanet.com)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home