Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:07 WIB | Jumat, 11 April 2014

Korut Tuding AS Bermuka Dua

Tentara Korea Selatan dan Amerika Serikat mendaki sebuah bukit dalam sebuah latihan militer gabungan di Pocheon, Seoul, 11 April 2014. (Foto: AFP)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Korea Utara pada Jumat (11/4) menuduh Amerika Serikat telah bersikap munafik karena bergeming terhadap uji coba misil Korea Selatan, seraya mengutuk keras peluncuran yang dilakukan Pyongyang belum lama ini.

"Sikap bermuka dua dan tindakan keji AS telah terungkap," kata juru bicara Komisi Pertahanan Nasional (NDC) Korea Utara dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan yang dilansir kantor berita Korea Utara KCNA itu dilayangkan pada saat ketegangan militer meningkat. Pyongyang mengancam akan meluncurkan uji coba nuklir tipe "baru".

"Selama AS berpegang pada kebijakan yang bermusuhan... sesuai dengan standar ganda yang sewenang-wenang seperti gangster, (Korea Utara) akan terus maju dengan langkah perlawanan untuk pertahanan diri demi mengakhiri kebijakan tersebut," kata juru bicara itu.

Pernyataannya tersebut dipicu oleh uji-tembak peluru kendali balistik Korea Selatan bulan lalu yang mampu membawa muatan satu ton ke setiap wilayah di Korea Utara.

Misil itu dikembangkan di bawah kesepakatan yang dicapai dengan Amerika Serikat pada 2012 untuk meningkatkan hampir tiga kali lipat sistem peluru kendali balistik Korea Selatan.

Juru bicara NDC itu mengatakan bahwa keheningan yang menyambut peluncuran Korea Selatan kontras dengan kecaman AS dan PBB terhadap uji coba dua peluru kendali balistik jarak menengah yang diluncurkan Korea Utara belum lama ini. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home