Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 17:54 WIB | Senin, 14 September 2015

KPK Akui Ada Penurunan pada Semester Pertama

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP (kanan) dalam keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, hari Senin (14/9). (Foto: Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP mengaku ada penurunan kondisi KPK soal pencegahan dan penindakan pada semester pertama tahun 2015.

Hal itu disebabkan KPK dihadapkan pada kesibukan menangani perkara-perkara seperti praperadilan dan hal-hal yang berkaitan dengan kondisi di internal KPK sendiri.

"Untuk semester kedua, KPK bagus. Pada semester pertama memang KPK mengalami kondisi yang hiruk-pikuk, seperti penonaktifan dua pemimpin KPK. Itu memang menyedot energi yang cukup banyak, yang dilakukan KPK berkaitan dengan rencana kerja yang sudah disusun, baik itu pencegahan maupun penindakan. Dan di bulan -bulan Februari dan Maret menang stagnan," kata Johan dalam keterangan pers di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, hari Senin (14/9).

Dengan banyaknya kasus yang ditangani KPK mengalami penurunan pada semester pertama, dia berharap dapat dimaklumi. "Mengalami penurunan kalau ukurannya adalah dari berapa banyak kasus yang ditangani KPK," Johan mengakui.

Untuk itu, kata Johan, untuk membenahi penurunan tersebut, KPK mulai menyelesaikan persoalan-persolan yang ada di internal KPK sendiri.

"Kemudian memasuki semester kedua, kami melakukan recovery (pemulihan) di internal KPK sendiri. Kami benahi beberapa hal. Menyelesaikan persoalan-persoalan. Ada beberapa catatan yang bisa dilihat, hanya perkara-perkara besar yang ditangani oleh KPK, misalnya ada yang ditangkap sekelas anggota DPR," kata dia.

"Percayalah, KPK akan move on. Terus bergerak. Dan akan mempercepat kerja lagi seperti dulu," katanya.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home