Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 20:42 WIB | Selasa, 14 Oktober 2014

KPK: Jokowi Tak Punya Rekening di Luar Negeri

Presiden terpilih Joko Widodo ketika melaporkan harta kekayaan di KPU beberapa waktu yang lalu. (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja menyatakan bahwa Presiden terpilih Joko Widodo tidak memiliki akun rekening di luar negeri. Hal ini menanggapi aduan dari masyarakat yang menduga Jokowi membuat akun rekening di bank untuk penggalangan dana kampanye di pemilihan presiden 2014.

“Jadi terkait rekening, ada pengaduan rekening. Tidak ada satu pun rekening di luar negeri atas nama Jokowi,” kata Adnan usai peluncuran bus KPK di halaman parkir KPK Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (14/10).

Adnan menyatakan bahwa pengaduan rekening tersebut sudah dilaporkan kepada Pusat Pelaporan Analis Transaksi Keuangan (PPATK). Namun, PPATK tidak bisa menelusuri rekening yang berada di luar negeri itu.

“Kami sudah mengklarifikasi ke PPATK dan PPATK tidak bisa menindaklanjuti ke luar negeri karena tidak ada kasusnya.”

Beberapa waktu yang lalu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan segera menindaklanjuti berbagai persoalan hukum terkait Jokowi dengan memanggil KPK dan Kejaksaan Agung menyusul laporan Rachmawati Soekarnoputri yang meminta penundaan pelantikan Jokowi karena diduga terjerat kasus hukum.

Kasus hukum yang dimaksud adalah dugaan korupsi pengadaan bus Transjakarta, penyaluran dana pendidikan di APBD Solo dan kepemilikan rekening di luar negeri.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home