Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 17:26 WIB | Selasa, 14 Oktober 2014

Jokowi akan Teleconference dengan Masyarakat dari Sabang-Merauke

Konferensi pers acara Geruduk (Gerakan Rakyat Duapuluh Oktober) pada Selasa (14/10) di Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan oleh relawan Jokowi (dari kiri) Joanes Joko (Duta Jokowi), Hilmar Farid (Presidium Seknas Jokowi), Budi Ari (Ketua Umum DPP Projo), Muhammad Yamin (Seknas Jokowi),

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jokowi direncanakan akan melakukan teleconference dengan masyarakat di berbagai kota, dari Sabang sampai Merauke saat acara Geruduk (Gerakan Rakyat Duapuluh Oktober) pada 20 Oktober mendatang. Acara ini diprakarsai oleh para relawan Jokowi-JK.

Panel Barus, perwakilan Pusat Informasi Relawan Jokowi-JK dalam konferensi pers pada Selasa (14/10) di Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan mengatakan bahwa masyarakat Indonesia dapat langsung bertegur-sapa dengan presiden pilihannya dan menyampaikan harapan-harapan untuk pemerintahan Jokowi-JK lima tahun mendatang.

Masyarakat Diajak Ramaikan Geruduk

Geruduk mengajak seluruh masyarakat dari berbagai lapisan untuk turut serta datang dan memeriahkan acara ini karena acara ini akan menghandirkan beberapa artis dan seniman, serta sambutan dari wakil relawan Jokowi.

Panel menjelaskan bahwa rencana perayaan ini sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari pascaputusan MK. Untuk garis besar acaranya, secara prinsip dibagi menjadi tiga bagian, yakni yang pertama ialah pengawalan pelantikan pada pagi hingga siang.

“Fokus ada di DPR. Konsentrasi massa ditempatkan di Semanggi, dengan siaga tapi tetap dengan kegembiaraan,” kata Panel.

Acara kedua ialah kirab atau pawai akbar pada siang hingga sore. Dalam acara ini, Presiden Jokowi diajak untuk kirab menuju Istana Negara. Kemudian acara ketiga ialah pesta rakyat di Monas.

Tak Hanya Jakarta

Budi Ari Ketua Umum DPP Projo mengatakan kemeriahan pelantikan Jokowi-JK tidak hanya berlangsung di Jakarta. Ia mengungkapkan, ada permintaan dari media untuk mengkonsolidasi perayaan pelantikan ini di berbagai daerah.

“Pesta rakyat tidak hanya akan digelar di Jakarta. Di daerah-daerah seperti di Solo dan Surabaya juga akan digelar pesta rakyat untuk menyambut pemerintahan baru. Sementara itu, perkembangan masih akan terjadi,” ujar Budi.

Budi mengimbau agar seluruh daerah dari Sabang sampai Merauke sebaiknya turut serta merayakan dimulainya babak baru kepemerintahan ini.

“Seluruh daerah, dari Sabang sampai Merauke harus merayakan karena ini presiden Indonesia, bukan hanya gubernur Jakarta. Gerakan Geruduk ini walaupun berpusat di Jakarta, tetapi di seluruh Indonesia juga akan merayakan,” ungkapnya.

100.000 Orang Akan Sambangi Geruduk

Hilmar Farid Presidium Seknas Jokowi mengestimasikan kurang lebih 100.000 orang akan datang di acara Geruduk yang akan dilangsungkan di Jakarta ini. Sementara itu, hingga kini panitia disibukkan dengan hal-hal teknis.

“Persoalan kita bukan mengumpulkan orang, tetapi mengelola orang yang jumlahnya begitu banyak,” kata Hilmar.

Terkait pendanaan acara, panitia mengaku acara Geruduk ini berjalan seluruhnya berkat sumbangan seluruh relawan Jokowi. Sumbangan tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi juga dalam bentuk partisipasi, seperti pengadaan dapur-dapur umum yang membagikan makanan secara gratis bagi siapapun yang datang dalam acara Geruduk ini.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home