Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 08:39 WIB | Minggu, 05 April 2015

Kritik Tokoh Oposisi Malaysia, Kartunis ini Diancam

Zunar diancam dengan sembilan dakwaan atas sembilan kicauan di media sosial. (Foto: EPA)

MALAYSIA, SATUHARAPAN.COM – Aparat Malaysia mendakwa seorang kartunis tersohor di negara itu dengan tuduhan penghasutan setelah dia mengeluarkan komentar di media sosial yang mengkritik pemenjaraan tokoh oposisi Anwar Ibrahim.

Zulkiflee Anwar Haque, atau juga dikenal dengan sapaan Zunar, terancam diajukan ke pengadilan sehubungan dengan sembilan kicauannya di Twitter.

Zunar mengatakan dia menerima sembilan dakwaan yang mewakili sembilan kicauan tersebut. Tindakan itu, menurutnya, merupakan upaya pemerintah untuk membungkamnya.

“Mereka benar-benar berupaya mencegah saya mengkritik pemerintah. Jadi, saya pikir itu jelas tindakan yang bermotif politik,” kata Zunar sebagaimana dikutip kantor berita AFP, Jumat (3/4).

Pengacara Zunar, Latheefa Koya, mengatakan pihaknya akan berjuang untuk melawan tuduhan-tuduhan pemerintah.

Penahanan sejumlah figur oposisi, jurnalis, dan pengacara atas tuduhan penghasutan terjadi beberapa kali dalam beberapa bulan terakhir.

Yang termutakhir ialah lima awak media the Malaysian Insider. Mereka ditahan karena artikel terkait usulan kontroversial hukuman syariat di Negara Bagian Kelantan, Malaysia utara.

Kelima orang itu kini sudah dibebaskan. (bbc.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home