Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 15:33 WIB | Senin, 20 Juli 2015

Kuba Kibarkan Bendera di Washington

Bendera Kuba. (Foto: vishwagujarat.com)

HAVANA, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat (AS) dan Kuba, hari Senin (20/7) secara simbolis resmi memulihkan hubungan diplomatik yang telah terputus lebih dari lima dekade. Menteri Luar Negeri Kuba, Bruno Rodriguez, memimpin pengibaran bendera Kuba di kedutaan Havana di Washington.

Sementara Kuba mengadakan upacara, kedutaan besar AS di Havana juga akan melakukan hal yang sama, namun bendera AS tidak akan dikibarkan sampai kunjungan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, bulan depan. "Kami ingin Menteri berada di sana untuk melihat peristiwa penting ini," kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS.

Berbagai upaya ke arah normalisasi penuh antara Amerika Serikat dan pulau komunis itu diharapkan dapat terus berlanjut secara perlahan.

Lebih dari 500 orang akan hadir dalam perayaan Kuba di Washington, termasuk anggota Kongres. Sementara itu, AS akan dipimpin oleh Asisten Menteri Luar Negeri, Roberta Jacobson.

Kerry dan Rodriguez terakhir kali bertemu pada April lalu di Kongres Amerika di Panama, tempat Obama dan Castro juga mengadakan pembicaraan.

Pembukaan kantor kedutaan di masing-masing negara telah disepakat 1 Juli lalu, membuka bab baru kontak pemerintah yang dahulu sangat dibatasi sejak Washington memutuskan hubungan pada 1961. (reuters.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home