Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 11:08 WIB | Senin, 02 September 2013

Kurang Tidur Berdampak pada Penampilan Anda

Ilustrasi (foto: nonstop-online.com)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM – Sebuah penelitian kecil di Journal Sleep menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur dapat membuat wajah terlihat lebih lelah. Mata merah dan bengkak, lingkaran hitam di bawah mata, dan kerutan di sekitar kelopak mata, terlihat lebih jelas dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur yang cukup.

“Mereka yang selalu berhadapan dengan orang lain, ketika seseorang yang terlihat lelah, itu akan berpengaruh terhadap timbal balik mereka,” kata peneliti Tina Sundelin, M.Sc. yang adalah mahasiswi doktor di departemen psikologi di Universitas Stockholm, Swedia. Ia menyatakan bahwa hal ini sangat relevan tidak hanya untuk interaksi sosial biasa, tetapi juga dengan kesehatan dan keselamatan publik.

Penelitian ini berdasarkan pada 10 orang yang memiliki foto-foto yang diambil dari mereka pada pukul 2.30 siang setelah delapan jam tidur dan setelah 31 jam tanpa tidur. Kemudian 40 peserta studi melihat 20 foto dan menilainya berdasarkan tingkat kelelahan, kesedihan, dan isyarat wajah.

Foto-foto pada penelitian tersebut sangat terlihat sekali bahwa ketika sang subjek kurang tidur akan terlihat ada lingkaran gelap bawah mata, kulit pucat, dan sudut mulut terlihat murung. Para peserta studi juga mengatakan bahwa orang-orang yang kurang tidur tampak sedih karena mereka lelah. Selain itu, sebuah studi yang lain pun menyatakan bahwa orang yang kurang tidur dapat mengalami penuaan dini terhadap kulitnya. (huffingtonpost.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home