Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:58 WIB | Senin, 13 Maret 2023

Lama Waktu Tunggu Layanan Orthopedi Dorong Warga Berobat ke Luar Negeri

Orthopedi. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Direktur RSUP Fatmawati, Jakarta, Andi Saguni, menyebutkan banyaknya kasus orthopedi dan waktu tunggu yang lama membuat masyarakat memilih untuk berobat ke luar negeri. Hal ini menimbulkan kerugian negara yang sangat besar.

Padahal banyak layanan orthopedi Indonesia yang tidak kalah canggih dibandingkan layanan di luar negeri. Salah satunya ada di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati yang sejak tahun 2011 telah mengembangkan layanan unggulan sub-sepsialistik orthopedi.

Direktur RSUP Fatmawati, Andi Saguni, menyebut setidaknya ada empat layanan unggulan yang lengkap dan siap memenuhi kebutuhan masyarakat akan masalah tulang, otot maupun sendi. Pertama, layanan tulang belakang (spine) terutama untuk scoliosis derajat berat dan endoscopy tulang belakang.

Dijelaskan bahwa Spine Endhoscopy yang ada di RSUP Fatmawati merupakan yang pertama di Indonesia. Teknik ini telah dikembangkan sejak tahun 2013 dan sejak beberapa tahun ini berkembang dengan pesat.

Teknik endoskopi adalah tindakan operasi yang hanya membutuhkan sayatan kecil sebesar tujuh mm. Teknik ini biasanya digunakan untuk menangani syaraf kejepit dan tindakan operasi bedah untuk HNP (Hernia Nucleus Pulposus).

''Sekarang kita bisa melakukan endoskopi yang dulunya dilakukan dengan sayatan dua Cm sekarang bisa hanya 0,7 Cm,'' terang Andi.

Teknik endoskopi ini memiliki banyak keunggulan di antaranya bisa menjangkau syaraf bagian terdalam dan bisa digunakan untuk jaringan lunak termasuk di dalam otot.

Kedua, Arthoplasty yakni prosedur penggantian sendi pada kasus kerusakan sendi akibat proses degenerasi terutama bahu, siku, panggul dan lutut.

Ketiga, Limb Deformity yaitu koreksi berbagai macam kelainan bentuk anggota gerak baik tangan maupun kaki. Dan keempat, Arthroscopy. yaitu baik sendi besar seperti bahu, pinggul, lutut sampai sendi kecil seperti elbow, pergelangan tangan, jari dan pergelangan kaki.

Andi menambahkan bahwa layanan unggulan subspesialistik orthopedi RSUP Fatmawati bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa diskriminasi. Termasuk masyarakat yang menggunakan pembiayaan dari BPJS Kesehatan maupun asuransi swasta.

Terkait harga, kita ikut sesuai ketentuan. BPJS Kesehatan kami layani, semua asuransi juga kami layani. Prinsipnya, kami akan layani dengan price yang bagus dan bersaing, kata Andi.

Andi memastikan kendati menggunakan asuransi pemerintah maupun swasta, seluruh pasien dipastikan akan mendapatkan pelayanan yang sama baiknya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home