Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Lisa Karlina Lumongdong 23:36 WIB | Jumat, 11 Juni 2021

Lanjutan: Pengen Belajar Catur Bagaimana Caranya dan Darimana Dulu?

Bermain catur. (cronkitenews.azpbs.org)

SATUHARAPAN.COM - Melanjutkan pelajaran dasar catur yang telah diposting sebelumnya Pengen Belajar Catur Bagaimana Caranya dan Darimana Dulu? dalam kesempatan ini, kita akan belajar catur mulai dari dasar agar mendapatkan manfaat maksimal dari permainan olahraga otak ini.

Pada bahasan bagian pertama, telah dijelaskan tentang aturan catur seperti cara mengatur letak papan catur, menata buah catur, mengetahui nama-nama buah catur, cara jalan dan makan buah catur, bagaimana permainan berakhir menang-kalah, berakhir remis, dan lain-lainnya. Selain aturan catur, kemarin telah dibahas juga teori dasar catur seperti nilai buah catur, teori opening/pembukaan catur, ending/babak akhir, taktik catur, strategi catur dll…

Dalam kesempatan seri kedua belajar catur dasar ini, kita bersama belajar tentang pengetahuan, ilmu atau teori dasar catur lainnya.

Pedoman Catur

Pedoman Catur berbeda dengan aturan catur. Pedoman catur di sini yang dimaksudkan adalah panduan bagi pemain catur untuk membantu pengambilan keputusan langkah catur. Pedoman Catur bisa dijadikan alat bantu pecatur dalam bermain catur untuk menemukan langkah yang baik. Pedoman catur berlaku di segala posisi catur.

Pedoman Catur berisi kalimat arahan (apa yang harus dilakukan, apa yang sebaiknya dilakukan) atau kalimat larangan (apa yang tidak boleh dilakukan, jangan dilakukan) yang akan kita terapkan sesuai posisi catur yang kita hadapi. Pedoman Catur bisa dikelompokkan menurut babak/fase permainan (pembukaan, middle atau ending) atau menurut elemen catur (taktik, menyerang, bertahan, kalkulasi, strategi, studi, psikologi, dll). Kita akan belajar satu per satu dari yang sederhana menuju ke yang lengkap.

Contoh pedoman catur misalnya: Jika kita menang materi, sederhanakan permainan dengan melakukan pertukaran perwira menuju ending menang (arahan catur). Yang lain misalnya: Jangan melemahkan posisi raja sendiri dengan memajukan bidak-bidak pelindung Raja, jika tidak karena terpaksa (larangan catur).

Ada puluhan pedoman catur dasar yang perlu dipelajari oleh pecatur, dimulai dari pedoman yang sederhana menuju ke yang rumit. Pedoman catur yang lebih rinci, akan kita bahas lebih detil di kesempatan berikutnya.

Kalkulasi Catur

Kalkulasi Catur adalah skill catur yang terpenting namun juga merupakan skill tersulit dalam catur untuk dikuasai dengan sempurna oleh pecatur. Intinya siapa yang kemampuan kalkulasi caturnya lebih kuat, dia yang akan berpeluang menang lebih besar. Skill Kalkulasi catur selain dipengaruhi oleh Ilmu/teori Kalkulasi catur yang dikuasai, juga sangat dipengaruhi oleh faktor lain utamanya kekuatan otak pecatur.

Kekuatan otak ini meliputi kecerdasan (IQ), kesehatan otak, ketelitian yang juga dipengaruhi oleh kesehatan mata yang memproses data posisi/langkah catur yang dihadapi ke otak, daya ingat atau memori, kecepatan berpikir, daya konsentrasi atau fokus, daya tahan otak saat berpikir catur dalam waktu lama saat bertanding, naluri atau intuisi, dan lain-lainnya.

Selain kekuatan otak, kalkulasi juga dipengaruhi oleh usia pecatur. Pecatur lanjut usia umumnya sudah jauh menurun kemampuan otaknya dalam berpikir. Umumnya pecatur mulai menurun kemampuan otaknya mulai usia 30-40an tahun ke atas. Selain hal tersebut kemampuan kalkulasi catur juga dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan juga mental/psikis pecatur saat bertanding.

Pecatur yang sedang sakit tidak sehat, kemampuan otaknya tentu tidak prima dan tak maksimal berpikir caturnya. Pecatur yang banyak pikiran, banyak masalah jelas tidak bisa fokus memikirkan catur di hadapannya dan peluang salah langkah atau blunder jadi besar.

Kalkulasi catur yang bagus parameternya adalah akurat, luas, dalam, cepat dan hemat (sumber daya tenaga dan waktu). Kalkulasi catur yang dimaksudkan di sini dapat digambarkan sebagai jika saya melangkah ke sini (langkah-1), dan lawan menjawab langkah itu (jawaban-1), nanti kita rugi. Tapi jika kita langkah ke sana (langkah-2), dan lawan menjawab ke sana (jawaban-1) Rajanya mat, jika dia jawab langkah lainnya (jawaban-2), kita menang materi. Dan seterusnya…  Nanti akan kita bahas lebih detil di kesempatan berikutnya soal kalkulasi ini.

Hapalan Catur

Hapalan catur adalah salah satu elemen terpenting dalam catur. Intinya siapa yang hapalan caturnya lebih banyak, dia yang akan berpeluang menang lebih besar (selain teori catur lainnya tentunya). Hapalan catur di sini meliputi hapalan posisi catur, hapalan langkah catur, hapalan pola catur, hapalan tema catur, hapalan pedoman catur, dan lain-lainnya.

Seorang pecatur ketika berpikir catur, akan mengecek di otaknya, apakah posisi catur yang dihadapi sudah dikenal atau dihapal olehnya. Jika sudah hapal ya tinggal dijalankan saja solusi langkahnya sesuai hapalan di otaknya. Jika belum hapal, barulah menggunakan skill catur lainnya seperti kalkulasi catur dan pertimbangan teori catur seperti mencari pedoman catur yang cocok untuk posisi tersebut, dan seterusnya. Hapalan catur akan menghemat banyak sumber daya pecatur seperti waktu, tenaga dan otaknya.

Selain itu, hapalan catur juga menjamin seorang pecatur melakukan langkah salah atau blunder. Bisa dipastikan seorang Grandmaster catur top dunia hapalan caturnya sangat banyak, mungkin hapal ribuan posisi catur, belasan ribu, ratusan ribu bahkan jutaan posisi langkah catur. Sehingga ketika bermain bertanding catur dia seolah tidak berpikir dan asal jalan. Namun dia tidak ngawur, karena yang dijalankan adalah langkah hapalan.

Meski hapalan catur penting, namun pecatur tidak boleh hanya mengandalkan hapalan catur saja, tapi membutuhkan pemahaman pengertian catur yang mendalam tentang posisi yang dihadapi. Hal ini adalah sangat sulit bagi pecatur manusia menghapalkan kemungkinan langkah catur yang jumlahnya ribuan, jutaan, milyaran, trilyunan bahkan lebih.  

Penalaran Catur

Penalaran  atau Logika Catur adalah pelajaran catur terpenting bagi anak manusia. Di sinilah pecatur melatih otaknya untuk memecahkan berbagai masalah miniatur kehidupan yang disimulasikan dalam permainan catur. Bisa dihubungkan antara kekuatan penalaran catur dengan penalaran logika akal sehat dalam diri orang yang belajar catur tersebut dalam memecahkan masalah hidupnya sehari-hari. Hal ini akan mempengaruhi dia dalam pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari.

Logika akal sehat yang baik akan bisa menangkal pengaruh buruk dari pecatur yang masuk ke dalam otaknya, tidak mudah terhasut terprovokasi di abad milenial yang banyak terdapat hoax, berita bohong dan sejeninya di media sosial di internet. Seseorang yang baik logika penalaran otaknya, akan menuju kedewasaan diri dan memiliki kebijaksanaan hidup yang kuat.

Dapat dibayangkan betapa pentingnya ilmu penalaran ini untuk anak sekolah dan para muda-mudi harapan bangsa. Makanya tidak heran di negara maju, catur bisa masuk sebagai pelajaran wajib bagi anak-anak sekolah seperti di Armenia, dll. Penalaran logika catur adalah pengambilan keputusan catur yang ditarik berdasarkan pengamatan posisi catur, hapalan catur, evaluasi posisi catur, kalkulasi catur dan pertimbangan posisi catur (dibantu pedoman catur) untuk memilih langkah terbaik.

Dalam kesempatan seri berikutnya akan kita jelaskan satu per satu tentang yang sudah dibahas dalam tulisan hari ini. Jadi ikuti terus seri belajar catur mulai dari dasar ini. Sampai bertemu lagi di lain kesempatan, salam sehat dan jaga selalu prokes di mana saja berada. Semoga semua diberi kesehatan dan keselamatan. Aamiin.

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home