Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 00:10 WIB | Jumat, 21 Mei 2021

Apapun Profesi Anda Akan Terbantu dari Manfaat Catur

Ilustrasi. (Foto; YouTube)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Jika kita melakukan pencarian di Google dengan kata kunci ‘manfaat catur’, akan ditemukan banyak sekali jumlahnya belasan, puluhan bahkan ratusan artikel postingan di internet yang menulis tentang manfaat dari olahraga otak catur. Sebagian besar tulisan tersebut menjelaskan manfaat catur dari segi otak seperti catur itu mencerdaskan, catur memperbaiki logika akal sehat, catur meningkatkan daya ingat, dan lain-lainnya. Masih jarang yang membahas manfaat catur yang dikaitkan dengan profesi seseorang. Tulisan ini mencoba mengungkapkan manfaat catur dipandang dari segi profesi mereka.

Permainan catur sangat berguna bagi siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa, bahkan kakek-kakek! Profesi apa saja bisa banyak terbantu oleh catur. Misalnya:

Orang Politik: catur sangat berguna, karena semua kita pada tahu belaka, bahwa dalam permainan catur banyak diajarkan tipu muslihat, jebakan untuk mencapai kemenangan! Tapi yang sportif dan fair play, ya bos!

Sopir: cucok belajar catur, karena ini mengajarkan selalu ketelitian dan berkonsentrasi tinggi yang sangat dibutuhkan sekali oleh para sopir!

Pedagang: jelas gak rugi belajar catur, di catur akan diajari tentang untung-rugi untuk memenangkan persaingan! Terakhir ujung-ujungnya akan untung yang merupakan prinsip utama orang berdagang/berjualan.

Chef: seorang chef memasak sesuai dengan resep yang telah ditentukan dengan prosedur tertentu. catur membantu chef berpikir urut, sistematis, teliti dan konsentrasi yang sangat membantu dalam memasak makanan.

Pemimpin: catur banyak mengajarkan bagaimana mengorganisasikan serangan dan pertahanan, apa yang harus dilakukan (strategi/planning) dan bagaimana cara melakukannya dengan tepat, efektif dan efisien (taktik)!

Guru: guru terbiasa mengajar murid-muridnya di sekolah. Dengan catur bisa terbantu pola berpikir mengajarnya bisa lebih sistematis dan berpijak pada logika akal sehat yang kuat!

Teknisi atau Tukang: seorang teknisi mengerjakan hal-hal teknis yang kadang sangat sulit berpikirnya dalam memecahkan masalah. catur mensimulasikan manusia berpikir masalah mudah hingga sangat sulit. Seorang teknisi harus teliti dan kritis berpikirnya. Hal ini selaras dengan olahraga otak catur!

Tentara: jelas perlu catur, agar pandai mengatur siasat perang karena bukankah catur merupakan miniatur dari peperangan?

Dokter: dokter sering mengalami situasi kritis dalam menghadapi pasien yang penyakitnya berat, parah juga saat melakukan operasi. Konsentrasi tinggi dibutuhkan sekali dalam kondisi kritis semacam ini, karena kesalahan sedikit bisa berakibat fatal! - Jelas dalam olahraga otak catur, pemain sering mengalami situasi kritis dan krisis, baik posisinya atau waktunya yang sangat pendek bahkan detik-an! Hal inilah catur bermanfaat bagi para dokter. 

Remaja: catur jelas dapat mencegah kenakalan remaja seperti ikutan geng motor (mendingan ikut geng catur) kebut-kebutan, tawuran perkelahian, narkoba, free sex, dll. Catur juga mengajarkan remaja agar mereka dapat menerima realita hidup yang pasang-surut. Kadang menang kadang kalah. Hidup tidak selalu enak terus, kadang tidak enak bahkan menyakitkan!

Pelajar: sudah pasti butuh catur, agar otaknya dilatih sedemikian rupa agar cerdas dan pintar. Bukankah ada ungkapan: juara catur sudah pasti anak yang cerdas tapi anak cerdas belum tentu dapat menjadi juara catur!

Anak-anak kecil: jelas butuh catur agar sel-sel otaknya berkembang pesat jadi anak cerdas!! - IQnya dapat tinggi. Bahkan konon ada cerita anak autis dan hyperaktif yang sembuh setelah belajar bermain catur!

Ibu Rumah Tangga: mengapa juga perlu belajar catur? Kebanyakan ibu rumah tangga dan wanita dominan dengan otak kanan dan sering memutuskan sesuatu mendahulukan emosinya. Dengan catur, otak kiri juga dilatih dan logika benar bisa meningkat sehingga tidak harus emosinya dulu yang berperan dalam pengambilan keputusan, tapi juga berdasarkan logika akal sehat! catur juga membiasakan diri untuk mengorganisasikan kegiatan dalam rumah tangga!

Orang Tua/Kakek-kakek: perlu catur untuk mengobati rasa bosan dan agar tidak pikun otaknya, karena otaknya masih selalu dilatih terus untuk berpikir yang rumit-rumit. Dan biasanya dengan catur dapat banyak teman agar para lansia tidak kesepian! Mencegah penyakit alzheimer yang berbahaya.

Jomblo biar tambah banyak kenalan. Semakin banyak teman kenalan, peluang mendapatkan jodoh juga semakin besar. Lirik sana, lirik sini. Lirak-lirik akhirnya nyantol!! hehehe...

Melihat begitu banyak manfaat dari catur, oleh karena itulah silakan ajak orang-orang di sekitar anda yang tidak dapat main catur agara menggemari catur dan ajari mereka main catur!

 

MN Heri Darmanto, MKom

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home