Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Lisa Karlina Lumongdong 08:21 WIB | Jumat, 11 Juni 2021

Pengen Belajar Catur Bagaimana Caranya dan Darimana Dulu?

Bermain catur. (cronkitenews.azpbs.org)

SATUHARAPAN.COM - Anda semua para pembaca yang belum bisa catur dan tertarik dengan permainan 64 petak ini bisa membaca menyimak tulisan ini agar mempunyai panduan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari catur. 

Memang banyak sekali manfaat dari catur, utamanya untuk melatih otak kita dalam hal daya ingat, visualisasi, penalaran logika dan lain-lain latihan otak yang berguna untuk kehidupan kita sehari-hari dalam menghadapi masalah dan mengambil keputusan dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Permainan catur merupakan permainan yang murah meriah tanpa perlu alat mahal. Cukup membeli peralatan catur di toko permainan di bawah Rp100.000 sudah dapat memilikinya, meskipun untuk para atlet dan profesional ada harga peralatan catur yang cukup mahal, apalagi yang hobi koleksi buah catur dengan berbagai macam bentuk dan bahan baku. Bahkan catur bisa juga dimainkan via online/daring dari laptop atau smartphone (Handphone/HP). Kita dapat bermain di internet dengan banyak lawan pecatur dari dalam dan luar negeri. Tinggal install aplikasi caturnya di HP atau laptop lalu dimainkan.

Mungkin ada orang awam yang bingung kalo mau belajar catur mulainya dari mana? Apa harus belajar dari pelatih catur, apa harus ikut klub catur atau bahkan sekolah catur di kota. Atau apa bisakah belajar catur sendiri secara otodidak? Apa saja yang perlu dipelajari agar bisa bermain catur dan mendapatkan manfaat dari permainan olahraga otak ini? Untuk mengawali boleh belajar catur dari teman atau bisa belajar catur otodidak diri sendiri.

Aturan Main Catur

Yang pertama kali perlu dipelajari dari permainan catur adalah aturan dari catur itu sendiri.

Bagaimana menata papan catur? Apakah bisa salah mengatur papan catur? Jawabannya bisa salah! karena papan catur tidak boleh terbalik. Petak warna putih atau terang harus berada di sudut kanan pemain, jangan terbalik yang petak gelap di sebelah kanan bawah.

Belajar mengenali identitas nama buah catur yang digunakan permainan catur apa saja. Buah catur terdiri dari dua pihak/kelompok. Putih (warna terang misalnya bisa putih, kuning, dll) dan Hitam (warna gelap misalnya hitam, coklat tua, hijau, biru, dll). Masing-masing pihak terdiri dari delapan buah bidak (ada yang bilang pion), satu Raja, satu Menteri (ada yang bilang ster), dua Benteng, dua Kuda dan dua Gajah (ada yang bilang peluncur). 

Berikutnya adalah belajar menata buah catur di petak awal yang tepat sesuai aturan standar catur dari FIDE atau Percasi. Biasanya pemula bisa salah meletakkan posisi buah catur Raja atau Menteri. Aturan yang benar, posisi buah Raja adalah berada di petak yang berlawanan dengan warna petaknya. Buah Raja Putih berada di petak hitam atau gelap. Begitu sebaliknya buah Raja Hitam berada di petak putih atau terang. 

Aturan catur yang ketiga adalah bagaimana cara menjalankan buah catur? Bagaimana makan buah catur lawan? Jangan sampai buah catur sendiri dimakan! Karena tidak diperbolehkan! Buah catur Raja bebas bergerak dan makan buah lawan kemanapun tapi hanya sejauh satu langkah atau petak saja, asalkan petak tersebut tidak terarah ke buah catur lawan. 

Buah catur Menteri bisa bergerak dan makan buah lawan ke arah horisontal, vertikal. Buah catur Benteng bergerak dan makan buah catur lawan sepanjang baris lajur vertikal dan horisontal. Buah catur Gajah bergerak dan makan buah catur lawan sepanjang diagonal. Buah Catur Menteri, Benteng dan Gajah bisa bergerak makan sepanjang tidak ada halangan buah catur lain entah itu buah catur lawan atau buah catur sendiri, tidak bisa meloncat. 

Buah catur bidak bergerak hanya satu langkah secara vertikal ke depan, khusus posisi awal bidak bisa jalan satu atau dua langkah. Buah bidak ini makan buah catur lawan secara diagonal satu langkah. Buah catur bidak ada lagkah istimewa yaitu yang disebut promosi bidak berubah menjelma buah catur lain (Menteri, Benteng, Gajah, Kuda) yang lebih kuat asal bukan buah catur lawan dan bukan jadi buah Raja. Buah catur bidak juga ada langkah istimewa yang disebut sebagai langkah en passant, yaitu langkah memakan bidak lawan yang berjalan dua langkah di awal, namun di sampingnya ada bidak lawan yang sejajar dengan buah catur bidak yang jalan. Selain langkah promosi bidak, en passant bidak, ada langkah istimewa lainnya yaitu langkah rokade, langkah check serta checkmate

Aturan catur lainnya yang harus dipelajari adalah bagaimana permainan catur berakhir sesuai atuan FIDE/Percasi. Permainan catur berakhir dengan kondisi sebagai berikut: Raja Mat yang mana posisi raja mat ini tidak bisa bergerak dan ada ancaman dari buah lawan atau bisa bergerak tapi semua petak lari raja terarah ke buah lawan. Selain Raja mat, permainan berakhir jika kondisi Raja pat atau stalemate yang mana ini disebut remis atau draw dengan kedua pemain berbagi angka 0.5-0.5. 

Posisi raja pat ini adalah tidak bisa melangkah kemana-mana karena semua petak lari terarah ke buah lawan, tapi kondisi saat ini Raja ini tidak dalam keadaan diancam oleh buah lawan. Selain remis karena posisi Raja pat, remis juga bisa terjadi karena materi tidak cukup sehingga tidak dimungkinkan membunuh raja lawan. Aturan FIDE juga menetapkan check abadi terus menerus yang tidak bisa dihindari lawan juga diputuskan remis.

Aturan 50 langkah FIDE juga memungkinkan remis yang mana tidak ada pemukulan, tidak ada langkah bidak selama 50 langkah. Dalam praktek remis juga bisa terjadi karena persetujuan atau kesepakatan kedua pemain karena alasan menghemat energi atau alasan lainnya.

Aturan lain yang juga tidak kalah penting adalah aturan catur lainnya seperti pegang buah catur harus jalan, menggerakkan buah catur dan memencet jam catur menggunakan satu tangan saja, dan lain-lainnya. Aturan menggunakan jam catur dan menulis notasi catur juga perlu dipelajari karena dalam pertandingan catur resmi, pemain diwajibkan menulis notasi catur, khususnya dalam catur dengan kontrol waktu standar.

Teori Dasar Catur

Setelah belajar aturan main catur, berikutnya yang bisa dipelajari adalah teori dasar catur.

Nilai Buah Catur. Mengetahui nilai buah catur sangat penting, agar bisa membantu untuk menimbang untung rugi dalam mengambil keputusan, misalnya dalam pertukaran buah catur. Pertukaran yang dilakukan hendaknya bisa menguntungkan kita dan merugikan lawan. Atau setidaknya pertukaran tidak merugikan diri sendiri. Nilai buah catur Menteri adalah sembilan. Benteng bernilai lima. Bidak nilai satu. Gajah dan Kuda nilainya tiga. Dan Raja tak ternilai harganya, karenanya tidak boleh dimakan oleh buah lawan. Nilai ini bisa disebut nilai statis. Nilai dinamis buah catur bisa berubah sesuai posisi letak petak caturnya yang mana mempengaruhi permainan saat itu. Buah catur yang kuat bagus posisinya, nilainya sementara meningkat dibandingkan nilai statisnya. Dan seterusnya.

Pola Posisi Mat Raja dan Posisi Remis/Pat. Tanpa mengetahui bentuk pola posisi Raja Mat, akan kesulitan nantinya membunuh Raja lawan, meskipun secara materi dan posisi sudah menang banyak. Tidak tahu posisi pat, bisa mengakibatkan salah langkah yang menyebabkan remis karena Raja lawan dipat yang mana mestinya gamenya bisa menang.

Teknik membunuh Raja lawan sendirian. Misalnya harus bisa membunuh Raja+Menteri vs Raja. Atau Raja+Benteng vs Raja, Membunuh dengan dua gajah dan seterusnya. 

Istilah-istilah khas catur. Banyak sekali istilah catur yang hendaknya diketahui bagi mereka yang hobi catur. Mengetahui istilah-istilah catur akan berdampak menambah kekayaan ilmu catur kita dan bisa memajukan catur kita secara tidak langsung. 

Teori Dasar Pembukaan Catur. Pembukaan catur adalah awal dari permainan catur umumnya langkah ke-1  sampai sekitar belasan langkah. Teori Dasar Pembukaan misalnya: Kuasai petak pusat, kembangkan perwira, bentuk susunan bidak yang kuat, amankan raja, dan lain-lain. Setiap langkah catur yang dibuat hendaknya tidak melanggar prinsip teori dasar tadi. 

Teori Babak Akhir Dasar Catur. Kalau pembukaan adalah awal permainan, tentunya babak akhir bermakna akhir permainan. Jika buah catur tinggal sedikit, maka permainan memasuki babak akhir. Biasanya ditandai dengan pertukaran buah catur lebih dari separoh. Teori dasar babak akhir misalnya: Raja harus aktif menyerang, promosikan bidak bebas, ciptakan bidak bebas, perwira harus aktif, dan lain-lain.

Teori Dasar Taktik Catur. Taktik catur adalah pelaksanaan langkah dari rencana penyerangan dan atau pertahanan yang berbentuk langkah-langkah untuk menghasilkan keuntungan atau tujuan tertentu. Mempelajari taktik yaitu dengan menghapalkan sebanyak mungkin pola-pola posisi catur, tema-tema catur yang mirip sejenis, dan lain-lain.  Dengan menghapal pola tema taktik, maka akan membantu pemain catur untuk membuat keputusan langkah terbaik khusus nya dalam hal eksekusi atau mengkonversi keunggulan menjadi kemenangan, membunuh raja lawan, mempromosikan bidak, memenangkan materi, bertahan dari serangan lawan dan seterusnya.

Belajar Teori Dasar Strategi Catur. Bagaimana melakukan penalaran catur sesuai posisi yang dihadapi dengan berlandaskan teori catur yang dikuasai. Bagaimana menggunakan logika catur untuk menemukan langkah terbaik baik dalam posisi menyerang atau bertahan. Strategi bisa bermakna rencana penyerangan atau pertahanan, yang nantinya eksekusi rencana ini menggunakan langkah taktik catur. 

Prinsip belajar catur bertahap dari yang sederhana menuju ke yang sulit rumit. Sedikit sederhana lebih dulu menuju ke yang banyak kompleks. Tidak melewati pelajaran yang belum dimengerti dengan pelajaran ilmu catur lainnya.

Untuk praktek bisa menggunakan sarana peralatan IT seperti laptop atau HP untuk belajar dan berlatih bermain catur. Kemajuan teknologi hendaknya bisa membuat kita lebih sejahtera, termasuk memudahkan kita belajar catur dan bermain berlatih catur. Apps catur di HP sangat banyak dan akan sangat banyak membantu catur kita. Catur online sangat marak dan bisa dijadikan ajang praktek yang praktis oleh pecatur pemula kapan saja, dimana saja meskipun sedang sendirian sekalipuan. 

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home