Loading...
FOTO
Penulis: Bayu Probo 15:01 WIB | Kamis, 03 April 2014

Latma Multilateral Komodo Eratkan ASEAN

Latma Multilateral Komodo Eratkan ASEAN
Sebuah helikopter NBell TNI AL mendarat diatas kapal KRI Makassar 590 di kawasan Laut China Selatan, Selasa (1/4). Pendaratan di KRI Makassar itu adalah bagian dari latihan SAR dalam rangkaian Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2014 dan merupakan kemampuan wajib bagi penerbang heli AL untuk sejumlah misi seperti pengintaian dan penyelamatan. (Foto-foto: Antara)
Latma Multilateral Komodo Eratkan ASEAN
Kapal Khanh Hoa 01 milik Angkatan Laut Vietnam lego jangkar di perairan Batam, Minggu (30/3). Kapal rumah sakit yang diawaki oleh 87 kru itu berada di Batam untuk mengikuti Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2014.
Latma Multilateral Komodo Eratkan ASEAN
Kapal JDS Akebono 108 lego jangkar di perairan Batam, Minggu (30/3). Kapal destroyer escort JDS Akebono 108 bersama 87 awak itu berada di Batam untuk mengikuti Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2014 yang dihelat TNI AL.

TANJUNGPINANG, SATUHARAPAN.COM – “Latma Multilateral Komodo 2014 punya dimensi kepentingan nasional, regional dan internasional antara lain meningkatkan hubungan antarnegara-negara ASEAN,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio.

Kasal menegaskan tujuan latihan bersama ini saat menutup acara bersandi Latma Multilateral Komodo 2014 di lapangan bola Tarempa kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (3/4/2014). Ia menambahkan, “Latma juga bertujuan meningkatkan keamanan maritim kawasan.”

Dalam kesempatan tersebut Kasal Laksamana TNI Dr Marsetio mengatakan latihan bersama ini mengambil tema “cooperation for stability” dengan menitikberatkan materi latihan pada aspek non war-fighting dan fokus latihan pada disaster relief.

Latihan bersama ini meningkatkan kemampuan (capacity building) tim penanggulangan bencana Indonesia terutama TNI Angkatan Laut, dalam konteks operasi secara multilateral. Lebih lanjut dapat memberikan rekomendasi dan masukan strategis bagi kerja sama ASEAN regional forum dalam penanggulangan bencana di wilayah regional dan memfasilitasi keselarasan berbagai protokol nasional, regional dan internasional dalam penanggulangan bencana. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi sosial internasional dan kerja sama prajurit TNI Angkatan Laut dengan negara ASEAN dan ASEAN plus.

Kegiatan latma Multilateral Komodo 2014 telah dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan telah kita laksanakan bersama baik di Batam pada saat harbor phase 29 – 30 Maret 2014 maupun sea phase dan civic mission di Anambas dan Natuna pada 31 Maret- 1 April. (pikiran-rakyat.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home